Ratusan Pedagang Hadiri Peringatan Isra Mi’raj dan Haul Guru Sekumpul

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Poto : - Ratusan pedagang antusias menghadiri peringatan Isra Mi'raj Nabi Muhammad SAW sekaligus Haul Ke-17 Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul), yang diselenggarakan Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) Kabupaten Banjar di lantai II Pusat Pertokoan Pasar Bauntung Batuah Martapura, Rabu (9/2/2022) malam sekitar pukul 21.00 Wita.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Ratusan pedagang antusias menghadiri peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW sekaligus Haul Ke-17 Syekh Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani (Guru Sekumpul), yang diselenggarakan Perusahaan Daerah Pasar Bauntung Batuah (PD PBB) Kabupaten Banjar di lantai II Pusat Pertokoan Pasar Bauntung Batuah Martapura, Rabu (9/2/2022) malam sekitar pukul 21.00 Wita.

Direktur PD PBB Kabupaten Banjar, Rusdiansyah, mengatakan, berkat koordinasi yang baik antar pedagang, pengelola pasar, dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, akhirnya peringatan Isra Mi’raj Baginda Rasulullah SAW yang saban tahun digelar, sekaligus memperingati Haul Abah Guru Sekumpul yang Ke-17, untuk tahun ini dapat terlaksana.

“Awalnya kami bersama pedagang berencana akan melaksanakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, serta Haul Abah Guru Sekumpul yang Ke-17 di teras Pasar Bauntung Batuah Martapura. Bahkan perencanaannya secara detail sudah kami persiapkan sebaik mungkin hingga waktu pelaksanaannya. Namun, karena ada beberapa kendala, sehingga waktu dan kegiatannya kita alihkan ke lantai II Pusat Pertokoan Pasar Bauntung Batuah Martapura,” ujarnya kepada sejumlah awak media.

Kendati konsep pelaksanaan kegiatan keagamaan tersebut terkesan dadakan, lanjut Rusdiansyah, namun tetap dapat terlaksana dan berjalan lancar.

“Hal ini terjadi karena pedagang sangat antusias ingin melaksanakan peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, sekaligus melaksanakan Haul Abah Guru Sekumpul yang Ke-17. Mudah-mudahan di tahun akan datang kita dapat kembali melaksanakan peringatan Isra Mi’raj, serta Haul Abah Guru Sekumpul secara terbuka dan lebih besar,” harapnya.

Didampingi Direktur PD PBB Kabupaten Banjar, Habib Syekh Ba’bud yang juga berprofesi sebagai pedagang di kawasan Pasar Bauntung Batuah Martapura, Rusdiansyah menyatakan sangat bersyukur dengan telah terlaksananya peringatan Isra Mi’raj Rasulullah SAW, serta Haul Abah Guru Sekumpul ini.

BACA JUGA :
RSD Idaman Raih Predikat Paripurna, Wali Kota: Kado Indah Akhir Tahun

“Abah Guru Sekumpul merupakan sosok yang sangat berjasa dalam mendidik masyarakat, khususnya warga Martapura. Karena kita yang dulu tidak tahu menjadi tahu. Banyak ilmu yang beliau ajarkan, mulai dari mengajari bersholawat, shalat hajat, tahajud, berbakti kepada orangtua, dan lain sebagainya. Bahkan, seseorang yang dulunya buntat (preman/jagoan), setelah mendapat ilmu pengetahuan dari Abah Guru Sekumpul, akhirnya menjadi sadar (insyaf),” tuturnya.

Atas semua jasa-jasa ulama kharismatik kelahiran Kota Martapura tersebutlah, Habib Syekh Ba’bud menilai sudah sepatutnya masyarakat memperingati haulnya.

“Jadi, saya rasa tidak pantas kalau kita tidak melaksanakan peringatan Haul Abah Guru Sekumpul. Alhamdulillah, hari ini kita secara bersama-sama sudah dapat melaksanakan peringatan Isra Mi’raj, serta Haul Abah Guru Sekumpul. Bahkan, Habib Muhammad Bagir Bin Idrus Alaydrus dari Jakarta pun bisa berhadir untuk menyampaikan tausiyahnya. Mudah-mudahan acara ini menjadi keberkahan bagi kita semua,” ucapnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top