Progres Smart City di Banjarmasin Terus Ditingkatkan

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, BANJARMASIN- Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, membuka kegiatan Sosialisasi Revisi Master Plan Smart City, serta Rapat Awal Tim Dewan Smart City dan Tim Pelaksana Smart City Kota Banjarmasin, yang berlangsung di Aula Kayuh Baimbai, Balaikota Banjarmasin, Rabu (23/2/2022).

Turut hadir dalam kegiatan, Wakil Walikota Banjarmasin, H Arifin Noor, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, Windiasti Kartika, serta SKPD terkait di lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin.

Walikota Ibnu Sina mengungkapkan, tujuan kegiatan tersebut adalah membenahi pelayanan publik berbasis smart city, agar cepat dan mudah dalam pelayanan yang merupakan salah satu dari 3 prioritas pembangunan pelayanan publik.

Memang, papar Ibnu Sina, salah satu komponen Smart City itu adalah Smart Government. Pemerintah sudah menyiapkan, tapi bagaimana dengan masyarakat sendiri? Belum tentu merasa nyaman menggunakan aplikasi itu.

“Kita bangun bersama edukasi, tapi harus tetap dilakukan kepada masyarakat juga. Seperti aplikasi Palui. Itu sudah kita launching lama, tapi yang menggunakan masih sedikit. Karena masyarakat tidak yakin. Seperti mengurus perizinan, mereka lebih memilih datang langsung. Padahal cukup dengan aplikasi itu,” ujarnya.

Oleh karena itu, Ibnu Sina berpesan agar Pemerintah mampu menyiapkan seluruh perangkat membangun ekosistem Smart City di Banjarmasin. Minimal, SKPD siap memberikan pelayanan kepada masyarakat menggunakan layanan tersebut.

“Itu memang edukasi terhadap Smart People kita, supaya masyarakat juga tahu dan mau menggunakan. Kemudian pemerintah menyiapkan seluruh perangkat, membangun ekosistem Smart City di Banjarmasin,” pungkasnya.(sin/klik)

BACA JUGA :
Memancing Harapan