Komisi I DPRD Banjarbaru Sambangi Dinsos, Pembaruan DTKS Jadi Atensi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Hindera Wahyudi, Anggota DPRD Kota Banjarbaru saat kunjungan kerja ke Dinsos Kota Banjarbaru.

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Anggota DPRD Kota Banjarbaru tergabung di Komisi I bertandang ke Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Kota Banjarbaru, Senin (7/2/2022). Kunjungan ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang saat ini dipimpin Rokyat Riyadi sebagai kepala dinas, untuk kooridinasi dan berbagi informasi terkait program kerja 2022 dan evaluasi kegiatan 2021.

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), menjadi salah satu topik dibicarakan. Disampaikan Hindera Wahyudi, Anggota DPRD Kota Banjarbaru saat kunjungan kerja tersebut, Dinsos selalu memperbaharui data yang dijadikan acuan penyaluran bantuan sosial.

Termasuk data krusial, karenanya DTKS yang disiapkan Dinsos harus selalu diperbarui saban tahunnya. “Kondisi sosial maupun ekonomi masyarakat relatif berubah-ubah dan tentu memerlukan data yang update sehingga jika ada bantuan sosial dari pemerintah, bisa disalurkan tepat sasaran kepada penerima,” katanya.

Disampaikan politisi Partai Gerindra ini, bantuan sosial kemasyarakatan saat ini lebih banyak dari APBN dari Kementerian. Di antaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu).

Karena itu dia berharap, Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru dapat menyalurkan bantuan untuk masyarakat kurang mampu menggunakan dana yang bersumber dari APBD. Sebagai lembaga yang salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi)-nya bidang anggaran, DPRD Kota Banjarbaru mendukung jajaran program dan anggaran yang ada Dinsos Kota Banjarbaru.

Terlebih lagi, lanjutnya, selaian urusan bantuan sosial, Dinsos alah OPD strategis karena melayani kepentingan masyarakat luas, termasuk pemulihan pasca bencana. “Harapan kami, pemkot memberikan porsi anggaran kepada Dinsos sesuai tugas dan fungsi agar peran maupun keberadaannya dirasakan masyarakat,” kata. (to/klik)

BACA JUGA :
Tentang Tarian Seksi di Lapangan Murdjani, PCNU Sampaikan Kritikan, Dewan akan Pinta Pertanggungjawaban

Berita Terbaru

Scroll to Top