Kantor Desa dan Perpustakaan SDN Sungai Kitano Ludes Terbakar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Para relawan pemadam kebakaran melakukan pendinginan usai memadamkan kebakaran yang menghanguskan 2 unit bangunan, yakni bangunan perpustakaan milik SDN Sungai Kitano 1, dan bangunan Kantor Desa Sungai Kitano di RT03, Jalan Musta'lim Billah, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Kamis (10/3/2022), sekitar pukul 15.30 Wita, 2 unit bangunan, yakni bangunan perpustakaan milik SDN Sungai Kitano 1, dan bangunan Kantor Desa Sungai Kitano di RT03, Jalan Musta’lim Billah, Kecamatan Martapura Timur, Kabupaten Banjar, ludes terbakar.

Hamdi selaku Kepala Desa (Kades/Pembakal) Sungai Kitano mengatakan, peristiwa tersebut ia ketahui setelah salah satu warganya meneriakkan ada api di bangunan rumah dinas (rumdis) milik SDN Sungai Kitano yang difungsikan sebagai perpustakaan.

“Setelah melihat api di bangunan perpustakaan milik SDN Sungai Kitano 1 yang berada tepat di belakang bangunan kantor desa, saya pun bergegas menyiramnya,” ujarnya kepada sejumlah awak media, Kamis (10/3/2022).

Karena bangunan perpustakaan berbahan kayu, papar Hamdi, api pun dengan cepat membesar hingga merambat ke bangunan kantor desa berbahan semi permanen.

“Akibatnya, sejumlah dokumen penting dan beberapa fasilitas milik desa terbakar ludes, dan hanya sedikit yang sempat terselamatkan,” ucapnya.

Atas insiden tersebut, Hamdi berharap Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, melalui instansi terkait, dapat memberikan bantuan untuk perbaikan kantor desa. Termasuk memfasilitasi pihaknya agar layanan desa untuk masyarakat dapat tetap berjalan.

“Khususnya terkait dokumen-dokumen penting yang tak sempat terselamatkan seperti Surat Pertanggungjawaban (SPJ). Mudah-mudahan Pemkab Banjar, baik pihak Kecamatan Martapura Timur, maupun Dinas PMD, dapat membantu untuk mengkoordinasikan terkait adanya musibah ini. Baik ke Inspektorat, dan Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Banjar,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Camat Martapura Timur, Guslan, mengungkapkan, pihaknya akan segera menyampaikan laporan terkait peristiwa tersebut kepada Bupati Kabupaten Banjar. Serta melakukan koordinasi dengan beberapa instansi terkait, yakni Disdukcapil, dan Dinas PMD Kabupaten Banjar.

“Kita akan inventarisir apa saja yang rusak, termasuk masalah dokumen penting lainnya. Sedangkan terkait SPJ, ini kan triwulan pertama, sehingga sebagian besar sudah disampaikan ke dinas terkait. Tapi, SPJ aslinya yang terbakar, sehingga kita pun akan segera berkoordinasi ke Instansi terkait, seperti apa nantinya kebijakan pemerintah,” ungkapnya.

BACA JUGA :
Disperkim akan Buat Kesepakatan dengan Warga Kelurahan Jawa

Guslan memastikan, pihaknya akan segera mengkoordinasikan dengan Dinas PMD Kabupaten Banjar, untuk memfasilitasi Kantor Desa Sungai Kitano. Agar tetap dapat memberikan pelayanan.

“Kita juga akan melihat fasilitas yang ada di kecamatan, seperti meja dan lain sebagainya, siapa tahu ada dan dapat digunakan pihak desa yang saat ini terpaksa membuka layanan untuk masyarakat di teras kantor desa,” pungkasnya.(zai/klik)