Kerjasama LAN RI Berlanjut, Bappaedalitbang Banjar Mulai Tahap Penyaringan Inovasi Daerah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sepekan pasca penandatanganan MoU dengan LAN RI, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) emlaksanakan rapat koordinasi (rakor) terkait pelaksanaan Inovasi Daerah 2022, Kamis (10/3/2022). Rakor dilaksanakan via daring dan luring dari Aula Bauntung, Kantor Bappedalitbang di Martapura.

Kepala Bidang (Kabid) Litbang dan Inovasi, Santi Nurlaela mewakili Kepala Bappedalitbang HM Riza Dauly memimpin rakor. Disampaikan Santi, Pemkab Banjar telah melakukan perpanjangan kerjasama dengan LAN RI per tanggal 2 Maretnota Kesepakatan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) per tanggal 02 Maret 2022. Kerjasama terkait penguatan kapasitas Pemkab Banjar penyelenggaraan kegiatan kajian kebijakan, inovasi, pelatihan dan pengembangan kompetensi, serta pendidikan tinggi terapan.

“2021, Pemkab Banjar memperoleh predikat Kabupaten Inovatif dengan skor nilai 48,62 atau peringkat ke-110 dari 415 kabupaten pada Innovation Government Awards (IGA) yang dilaksanakan oleh Kementerian Dalam Negeri,” imbuhnya.

Dan pada 2022 ini, kata Santi, Bappedalitbang bersama Tim Inovasi Daerah akan mengawali penyaringan inovasi daerah dengan Lomba Inovasi Daerah tingkat Kabupaten Banjar untuk menghadapi Lomba Inovasi Provinsi, Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) dan Innovation Government Awards (IGA) 2022.

Menurutnya, Pemkab Banjar akan terus berupaya mendorong dan memacu semangat seluruh SKPD untuk terus berinovasi dalam rangka perbaikan pelayanan kepada masyarakat. Dan berharap langkah ini dapat membangkitkan semangat dalam berinovasi mewujudkan Banjar Maju Mandiri dan Agamis.

“Jangan ragu berinovasi untuk perbaikan dan kemajuan Kabupaten Banjar melalui terobosan-terobosan baru yang dikembangkan melalui inovasi,” kata Santi.

Menyambng Santi, Kasubbid Inovasi dan Teknologi, Nurul Inayati memaparkan terkait pengisian formular proposal inovasi. Dipaparkan pula langkah pengsiian dan cara menggunggahnya via google form yang disediakan. Melalui ini diharapkan akan mempermudah mengikutsertakan lomba inovasi.

BACA JUGA :
Minimalisir Dampak Kelangkaan Minyak Goreng, Dinas KUMPerindag Banjar Gencar Operasi Pasar dan Pasar Murah

“Karena dari awal SKPD, kelurahan, desa serta UPT Puskesmas di Kabupaten Banjar dituntut untuk melengkapi kelengkapan datanya diawal tahun sehingga saat ada lomba atau ajang inovasi hanya melengkapi kekurangannya saja,” ujarnya. (to/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top