Musrenbang Balangan 2023 Fokus Peningkatan Infrastruktur, SDM, dan Potensi Daerah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Bupati Balangan, Abdul Hadi, membuka pelaksanaan Musrembang Tahun 2023 Kabupaten Balangan

klikkalimantan.com, PARINGIN – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Kabupaten Balangan melakukan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tahun 2022, dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023, di Mahligai Mayang Maurai, Paringin, Rabu (30/03/2022).

Dalam Musrenbang tersebut, tergambar bahwa Pemerintah Kabupaten Balangan memfokuskan perencanaan daerah pada tahun 2023 mendatang untuk meningkatkan infrastruktur kota, desa, sumber daya manusia (SDM), dan optimalisasi potensi daerah.

Bupati Balangan, Abdul Hadi, menyebutkan, dalam rancangan RKPD 2023 harus dapat dipilah program yang menjadi proyek strategis, serta meminta visi misi kepemimpinannya pada tahun 2023 harus dieksekusi dan tuntas.

“Tugas Bappeda, pilah mana-mana proyek strategis, proyek tidak boleh gagal. Dan yang menjadi tulang punggung visi misi Bupati, kawal, serta pastikan terlaksana tepat waktu,” tegasnya.

Khusus kepada jajaran Inspektorat Kabupaten Balangan, Abdul Hadi meminta untuk mempersiapkan SKPD agar tidak takut dalam melaksanakan proyek-proyek strategis.

“Selain berupaya menuntaskan program pembangunan di daerah, kita juga tetap berkomitmen mendukung program-program Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat,” kata Abdul Hadi.

Ke depan, lanjutnya, pihaknya bekerjasama dengan Bappedalitbang akan memanggil setiap SKPD supaya menjamin pagu indikator ini sudah berjalan dengan semestinya atau belum.

Sementara Kepala Bappedalitbang Kabupaten Balangan, Rakhmadi Yusni, mengungkapkan tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan mapping pemutakhiran program, kegiatan dan sub kegiatan beserta indikatornya berdasarkan Kepmendagri Nomor 050-5889 Tahun 2021.

“Tentunya juga melaksanakan verifikasi yang dilaksanakan untuk memastikan kesesuaian rancangan awal Renja perangkat daerah dengan rancangan awal RKPD,” ungkap Rakhmadi.(rdh/klik)

BACA JUGA :
Arsip Nasional Kunjungi Kecamatan Gambut, M Ihwan: Perlu Ada Lomba Kearsipan