Bappedalitbang Banjar Gelar Bimtek Inovasi Daerah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
BIMTEK - Bimtek Inovasi Daerah 2022 dilaksanakan Bappedalitbang Kabupaten Banjar di salah satu hotel di Banjarbaru. (foto: kominfo)

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi Daerah 2022 di salah satu hotel di Banjarbaru, Selasa (4/4/2022). Sekretaris Daerah (Sekda) HM Hilman hadir pada seremoni pembukaan bersama Kepala Bappedalitbang, HM Riza Dauly.

Dikatakan Sekda Hilman dalam sambutannya, bimtek dilaksanakan dalam rangka inovasi daerah yang dilakukan Pemkab Banjar melalui seluruh pemangku kebijakan yang dibimbing Bappedalitbang melalui aplikasi ‘Intan Bakilau’.

Menurutnya untuk mencapai visi Kabupaten Banjar yang Maju, Mandiri dan Agamis (Manis), dilaksanakan misi oleh semua stakeholder sesuai dengan tugas dan fungsinya. “Agar bisa berjalan efektif dan efisien untuk peningkatan pelayanan publik yang lebih baik,” katanya.

Lebih lanjut Hilman menjelaskan, Inovasi Daerah merupakan peluang bagi daerah untuk berkreativitas dan berkarya melahirkan ide dan gagasan baru untuk mendukung peningkatan kinerja Pemerintah Daerah.

”Inovasi Daerah sesuai dengan PP Nomor 38/2017 yang mengatur inovasi daerah baik dari prinsip, kriteria dan mekanisme inovasi daerah, sebagai suatu kebijakan daerah,” ujarnya.

Dia berharap bisa tumbuh keberanian dan jangan takut untuk berinovasi, sesuai regulasi yang dalam pelaksanannya mewujudkan masyarakat Kabupaten Banjar yang Manis.

Kepala Bappedalitbang Banjar HM Riza Dauly menambahkan, agar lebih kreatif dan inovatif perlu perubahan mental model yaitu perubahan cara berpikir masyarakat. ”Bekerja seperti biasanya dengan berubahnya mental model menjadi bekerja sebagaimana seharusnya,” tambahnya.

Riza Dauly menjelaskan banyak inovasi-inovasi daerah di Kabupaten Banjar, antara lain Gebrak Jamban, Intan Bakilau, Gelang Anting Manis dan Pakulih Anam. Pada Bimtek ini didiagnosa atau draft up tentang inovasi yang diusulkan oleh masing-masing inovator, tidak hanya dari perangkat daerah di Kabupaten Banjar tapi juga dari pemerintah desa.

BACA JUGA :
Tahun Kelima PDAM Intan Banjar Raih TOP BUMD

“Seperti di Desa Sungai Rangas Tengah, dengan membuka wisata Khatulistiwa yang cukup bagus, ada kreativitas dari desa, salah satu contoh dari inovasi pemerintahan desa,” kata Riza Dauly. (to/klik)