Penerapan e-Parking Harus Simple

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia.

klikkalimantan.com, BANJARMASIN –  Ketua Komisi III DPRD Kota Banjarmasin, Hilyah Aulia, mendukung penuh diterapkannya Elektronik Parking atau e-Parkir di sejumlah jalan di Kota Banjarmasin.

Bahkan, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini mendorong Dinas Perhubungan (Dishub) agar tidak hanya menerapkannya pada sejumlah jalan. Tapi juga di sejumlah tempat seperti rumah makan, tempat nongkrong, hingga pusat perbelanjaan.

“Kita menyambut baik diterapkannya e-Parking. Kalau bias, di tempat tempat lain juga diterapkan hal serupa. Seperti di pusat pelayanan kesehatan dan pusat perbelanjaan,” ucapnya, usai menggelar rapat evaluasi LKPJ Kota Banjarmasin tahun 2021 bersama Dishub, baru-baru tadi.

Menurut Hilyah, dengan diterapkannya system pembayaran menggunakan elektronik, maka kebocoran pendapatan dari retribusi parkir bisa diminimalisir dan terkontrol.

“Kalau menggunakan system pembayaran non-tunai, tentunya tidak akan ada lagi kebocoran pendapatan dari retribusi parkir,” tegasnya.

Mekipun mendapat dukungan dari Komisi III, ada catatan penting yang disampaikan Hilyah Aulia. Ia meminta system e-Parkir yang dibuat mudah dipergunakan oleh masyarakat di berbagai tingkatan pendidikan.

System yang diterapkan bisa meniru penerapan pembayaran e-Tol. Dimana masyarakat hanya perlu menempelkan kartu di tempat tertentu untuk membayar retribusi parkir. Selain itu, kesiapan SDM dan alat yang digunakan juga harus dilengkapi.

“Artinya, semua kalangan paham dan mengerti bagaimana proses pembayaran e-Parkir. Jadi harus dibuat simple, tidak ribet,” pungkasnya.(sin/klik)

BACA JUGA :
Pemko dan Pedagang Ujung Murung Setujui Beberapa Kesepakatan