Bupati Taman Perda ‘Pokar Balangan untuk Negeri’

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
PORANG - Bupati Balangan Abdul Hadi saat mengikuti tanam perdana perdana porang program ‘Pokar (Porang-Karet) Balangan untuk Negeri’, di Desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai, Kamis (31/03/2022).

klikkalimantan.com, PARINGIN – Bupati Balangan Abdul Hadi melakukan tanam perdana porang program ‘Pokar (Porang-Karet) Balangan untuk Negeri’, di Desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai, Kamis (31/03/2022).

Disampaikan Bupati Abdul Hadi dalam sambutannya, sektor pertanian, termasuk perkebunan akan menjadi pilar perekonomian terbesar pasca rampung era batubara. Oleh karena itu, dia meminta untuk terus mengembangkan potensi dengan ekstensifikasi maupun intensifikasi, salah satunya dengan tumpang sari.

Menurutnya, dengan pengetahuan dan pengelolaan yang tepat, tumpang sari akan memberi peningkatan hasil yang signifikan dan berdampak mendorong perekonomian. Utamanya tanaan porang. Karena seperti diketahui, Balangan sudah di posisi juara dalam hal porang. Sehingga diharapkan agar mempertahankannya dengan meningkatkan produksi secara terus-menerus dan jangan sampai terkejar oleh daerah lain.

“Target kedepan kita pada tanam perdana ini untuk menjamin keberlanjutan Balangan sebagai kabupaten pengekspor porang satu-satunya di Kalimantan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Balangan,” kata Bupati Abdul Hadi.

Demi berhasilnya pertanian porang, kata Bupati, pemerintah daerah akan melakukan pengawalan dalam mendampingi petani, sehingga program yang telah dilaunching dapat terkontrol hingga ke masa panen.

“Kita melakukan launching program Pokar karena ada diantara masyarakat kita yang tidak mempunyai lahan terbuka tapi dia mempunyai kebun karet. Makanya kita launching supaya para petani yang memiliki kebun bisa menghasilkan pendapatannya melalui varietas tanaman lain,” tutur dia.

Terakhir dikatakan dia, bentuk dari keberhasilan tanam perdana porang pada program Pokar inilah yang digunakan nantinya sebagai upaya langkah pemerintah daerah dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Balangan. (rdh/klik)

BACA JUGA :
BNN Kalsel Kampanyekan War On Drugs Lewat Gowes