Jembatan HKSN Resmi Dibuka, Ibnu Sina: Namanya Jembatan Patih Masih

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
bersama sejumlah pimpinan Forkopimda, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina melakukan pemotongan pita tanda diresmikannya penggunaan jambatan di kawasan Kuin Ceruruk yang diberi nama HKNS 01 Patih Masih.

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina, meresmikan Jembataan HKSN di kawasan Jalan Kuin Cerucuk, Banjarmasin Utara, dan menyatakan jembatan tersebut sudah bisa dipergunakan oleh masyarakat umum, Selasa (19/4/2022).

Ibnu Sina pada peresmian jembatan tersebut didampingi perwakilan Komisi III DPRD Banjarmasin, Hendra SE, Dandim 1007/Banjarmasin, Letkol Inf Ilham Yunus SSos MSi, dan Kapolresta Banjarmasin, Kombes Pol Sabana Atmojo Martosumito SIK MH. 

Turut hadir, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kota Banjarmasin, sejumlah pimpinan dan perwakilan dari SKPD, Kecamatan, Kelurahan, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

Jembatan yang dibangun selama 2 tahun ini diberi nama Jembatan HKSN 01 Patih Masih.

Menurut Ibnu Sina, nama tersebut diambil karena ingin mengangkat nama pahlawan sebelum Kesultanan Banjar berdiri.

“Kita berharap jembatan ini bisa mengurangi dan bahkan tidak ada lagi kemacetan yang sering terjadi di kawasan tersebut. Alhamdulillah hari ini sudah resmi dibuka untuk masyarakat, umum dan dinamai Jembatan Patih Masih,” ucapnya.

Ibnu Sina berpesan kepada seluruh warga setempat agar senantiasa menjaga dengan sebaik-baiknya Jembatan HKSN Patih Masih tersebut, sehingga kenyamanan dan keindahan jembatan untuk mendukung kemudahan transportasi setempat bisa berjalan dengan lancar.

“Tolong dijaga, tolong dirawat hasil-hasil pembangunan. Bukan hanya jembatan ini, tetapi juga seluruh hasil-hasil pembangunan kota. Saya tidak ingin lagi ada besi hilang atau baut hilang, ataupun juga lampu hilang, hanya karena tangan-tangan usil,” katanya.

Secara fisik, jembatan yang dibangun dari tahun 2020 ini sudah rampung pada bulan Maret tahun 2022, dan dibangun berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Banjarmasin.

Pembangunan Jembatan HKSN 01 Patih Masih dengan bentang panjang 304 meter dan lebar jalan 9 meter, jembatan ini berjenis jembatan pelengkung beton, menghabiskan dana hampir Rp100 Miliar, menghubungkan Kecamatan Banjarmasin Barat dan Kecamatan Banjarmasin Utara.

Selain memudahkan akses warga dalam beraktivitas, fasilitas jembatan ini juga mengangkat wisata religius yang cukup terkenal di masyarakat. Baik warga Kota Banjarmasin ataupun luar daerah, yaitu kawasan wisata Religi Makam Sultan Suriansyah serta Masjid Sultan Suriansyah.(sin/klik)

 

BACA JUGA :
Dinas Perdagangan Kalsel Tinjau Lokasi Pasar Saring Sungai Bubu