Arus Balik Lebaran Hulu Sungai – Banjarmasin Ramai Lancar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
kondisi jalan di kawasan Binuang menuju Mataraman terlihat lengang sekitar pukul 9 pagi, Minggu (8/5/2022).

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Arus balik libur Lebaran Idhul Fitri 1443 hijriah dari Hulu Sungai ke Banjarmasin, Minggu (8 Mei 2022) atau di puncak mudik lebaran terpantau ramai dan lancar.

Selain dikarenakan akses sepanjang Jalan Ahmad Yani lebar dan tidak ada rusak, jalan alternatif Hulu Sungai via Jalan Sungai Puting tembus Marabahan juga nyaman dilalui pemudik. Sehingga pemudik asal Marabahan, termasuk dari provinsi tetangga Kalimantan Tengah (Kalteng), tak perlu lagi melalui Jalan Ahmad Yani jika ingin mudik ke Hulu Sungai

Tak sedikit pemudik asal Banjarmasin yang memilih rute Sungai Puting – Hulu Sungai, lantaran dianggap menghemat waktu tempuh pejalanan 30 menit hingga 1 jam, dibandingkan perjalanan melalui Jalan Ahmad Yani.

Sepanjang jalan altenatif Sungai Puting sudah dilakukan pengaspalan oleh pemerintah setempat, sehingga membuat arus mudik yang selama ini tertumpuk di Jalan Ahmad Yani menjadi lebih menyebar.

Imbasnya, arus balik lebaran dari Hulu Sungai, terutama  Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) hingga Banjarmasin, tidak terjadi kemacetan maupun kejadian lakalantas. Penumpukan pengendara hanya terjadi ketika ada masyarakat meminta sumbangan di tepi jalan untuk perbaikan tempat ibadah.

“Alhamdulillah kada (tidak) macet, dari Amuntai sampai Martapura lancar dan ramai pengendara, baik roda 2 atau 4. Beberapa titik memang ada penumpukan kendaraan roda 4, tapi untuk roda 2 masih lancar melintas,” ucap salah satu pemudik dari Amuntai tujuan Banjarmasin, Rizali.

Tak hanya jalan alternatif Sungai Puting ke Hulu Sungai yang nyaman dilalui, libur lebaran yang cukup panjang membuat pemudik lebih fleksibel dalam menentukan waktu perjalanan.

“Liburannya cukup panjang, jadi bisa kapan saja memilih waktu perjalanan. Bisa siang mapun malam. Apalagi, jalan tidak ada lagi yang rusak,” ucap Laila, pemudik lainnya. (sin/klik)

BACA JUGA :
Geger Bocah 10 Tahun Hilang Diduga Tenggelam di Sungai Martapura