Tekan Angka Stunting, Pemkab Balangan Libatkan Swasta Hingga Pemerintah Desa

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
KOMITMEN - Penandatanganan komitmen bersama menurunkan angka stunting di Kabupaten Balangan yang melibatkan pihak swasta hingga pemerintahan desa. (foto: mcbalangan/klik)

klikkalimantan, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan serius menangani stunting. Salah satu  upaya ditempuh melalui program ‘Balangan Lawan Stunting (Balanting). Rabu (11/5/2022) dilakukan sosialisasi ‘Balanting’ sekaligus penandatanganan komitmen bersama Bupati Balangan H Abdul Hadi diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Sutikno, perwakilan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan kepala desa, serta dari perwakilan PT Adaro Group.

Dalam sambutannya Sekda Sutikno menyampaikan, ada beberapa kebiasaan yang dapat dilakukan untuk mencegah stunting. “Diantaranya dengan pola hidup sehat, seperti mencukupi kebutuhan gizi dan memasak dengan cara yang benar. Memanfaatkan pekarangan untuk menanam sayur maupun beternak, serta memperhatikan pola makan anak,” ujarnya.

Tentang penantanganan komitmen bersama, menurut Sekda Sutikno merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah, juga swasta. Bahkan untuk program ini juga melibatkan pemerintahan di tingkat desa.

Dari pihak PT Adaro Indonesia, Leni Marlina yang menjabat CSR Department Head mengatakan untuk program stunting dari Adaro Group berupa stimulan makanan. Pihaknay juga konsen terhadap freferensi ibu hamil. Anak atau bayi yang stunting, juga menjadi konsen tersendiri.

“Untuk komitmen kita di 28 desa itu tetap kita jalankan, harapan kedepannya mudah-mudahan angka penurunan stunting di Kabupaten Balangan lebih signifikan,” kata Leni. (to/klik)

BACA JUGA :
Mesin Cuci untuk 25 Pelanggan Aktif Bayar Leding