Toh Jarang di Kantor, Pengamat: Buat Apa DPRD Bangun Gedung Baru

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
DPRD Banjarmasin tahun ini bakal membangun gedung baru dengan alokasi anggaran sebesar Rp40 miliar

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – DPRD Kota Banjarmasin tahun ini berencana membangun gedung baru tiga tingkat dengan alokasi anggaran mencapai Rp40 miliar.

Gedung baru itu diperuntukkan ruang rapat Komisi, ruang unsur pimpinan lengkap dengan ruang rapat, mushala, serta beberapa ruang lainnya. Sedangkan lantai dasar digunakan untuk area parkir.

Gedung baru ini diharapkan dapat menunjang kinerja para anggota dewan dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

Namun, di sisi lain, intensitas para legislator ini masuk kantor justru dinilai terhitung jarang. Sehingga rencana pembangunan gedung baru dianggap pemborosan anggaran.

Seperti yang disampaikan pengamat Kebijakan Publik, Muhammad Pazri, dilansir dari Amnesia.id menilai, seharusnya anggota DPRD Banjarmasin berkaca dengan kualitas kerja mereka, perihal kebijakan-kebijakan yang diambil untuk masyarakat.

“Kalau kantor dewannya kosong harusnya mereka bercermin, seberapa kontribusi kerja sepanjang tahun 2019 hingga 2022,” katanya.

“Fungsi budgeting, anggaran, dan pengawasan seperti apa optimalisasinya. Kalau hanya hilir mudik ke sana ke mari, tapi banyak keluhan masyarakat, artinya kinerja dan efektivitas mereka tidak optimal. Kalau meminta anggaran kantor, sekarang belum saatnya,” tambahnya.

Ia menyebut, seharusnya para wakil rakyat itu bisa menggunakan teknologi canggih untuk mengurangi intensitas kunjungan kerja.

“Harusnya dalam kunjungan kerja itu bisa dipilah. Tidak semuanya harus berangkat. Bisa saja dari 45 orang itu, separuh saja yang berangkat, yang mana pentingnya saja. Bahkan saat ini sudah ada teknologi secara virtual melalui zoom dan lainnya masih bisa,” jelasnya.(sin/klik)

 

BACA JUGA :
Desanya Hilang, 115 Warga Wonorejo Tetap Masuk DPT

Berita Terbaru

Scroll to Top