SAKIP 2021 Pemkab Balangan Predikat B

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
SAKIP - Penyerahan SAKIP via daring oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Selasa (5/4/2022) di ruang kerja Wakil Bupati Balangan di Paringin. (foto: kominfo/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan kembali meraih predikat B untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2021. Penyerahan SAKIP dilakukan daring oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Selasa (5/4/2022) di ruang kerja Wakil Bupati Balangan di Paringin.

Kepala Bagian (Kabag) Organiasi pada Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Balangan, Ernawati menyampaikan, hasil penilaian SAKIP dan RB 2021 mengalami kenaikan dari sisi nilai. Tercatat pada 2020 sebesar 66,04 persen menjadi 66,67 persen. SAKIP yang diterima berada di Level B. sedangkan RB naik 54,63 persen dibanding 2020 yang sebesar 53,80 persen.

Dikatakan Ernawati, ada beberapa nilai yang harus didongkrak. Diantaranya indeks profesionalisme ASN, nilai SPBE Pemkab Balangan, dan penilaian Ombudsman terhadap pelayanan publik.

Lebih lanjut dikatakan Ernawati, ada survei integritas yang dilakukan oleh KPK RI terhadap pemerintah daera. Tujuannya agar terceipta pemerintahan yang bersih dan bebas KKN. “InsyaAllah karena dokumen RPJMD baru, maka untuk tahapan-tahapan pengukuran kemudian evaluasi kinerja dapat lebih terkawal lagi,” ucapnya.

Sementara itu, MenpanRB dalam sambutan tertulis dibacakan Sekretaris, Rini Widyantini menyampaikan, seluruh instansi pemerintah dituntut dapat mempertanggungjawabkan dan meningkatkan kinerja yang tepat sasaran dan berorientasi hasil.

Hal ini sejalan dengan sasaran Prioritas pembangunan presiden dan wakil presiden yaitu peningkatan efektifitas dan efisiensi pemerintah dengan menjamin APBN yang fokus dan tepat sasaran. (mah/klik)

BACA JUGA :
Kejar Target SAKIP 2022, Pemkab Balangan Gelar Entry Meeting

Berita Terbaru

Scroll to Top