82 JCH Balangan Ikuti Manasik, Ini Pesan Disampaikan Bupati

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
MANASIK - Bupati Balangan H Abdul Hadi saat menghadiri manasik haji di Aula Benteng Tundakan, Kantor Bupati Balangan di Paringin. (foto: kominfo/klik)

klikkalimantan.com, PARINGIN – Kabupaten Balangan tahun ini memberangkatkan 82 Jamaah Calon Haji (JCH) ke Tanah Suci. Jumlah itu masing-masing terdiri 41 jamaah laki-laki dan perempuan. Jelang keberangkatan ke Tanah Suci, Kantor Kementerian Agama (kemenag) Kabupaten Balangan melaksanakan bimbingan manasik haji, Senin (30/5/2022) di Masjid Al Akbar Balangan. Bupati Balangan H Abdul Hadi hadir pada kegiatan tersebut.

Menyampaikan sambutannya, Bupati Abdul Hadi mengatakan, ada beberapa rangkaian yang harus dipahami dan dipatuhi para jamaah selama prosesi ibadah haji. “Dengan adanya manasik ini semoga para jamaah lebih memahami rukun sunah dan memahami apa yang haram dan serta apa yang wajib untuk dilakukan,” ujarnya.

Menurutnya, prosesi ibadah haji akan memakan waktu yang cukup lama dan membutuhkan energi yang besar. Karena itu menjadi kebugaran fisik mesti dilakukan oleh para jamaah. Yang juga wajib dilakukan sebagai syarat keberangkatan adalah tes PCR.

“Hal-hal yang dapat mengurangi stamina tubuh tolong dikurangi, misalnya merokok. Mulailah mengonsumsi multivitamin, makanan gizi seimbang, kurangi karbohidrat, dan jalani perilaku hidup bersih dan sehat,” kata Abdul Hadi.

Terkait rangkaian yang mesti dijalani pra jamaah seblum berangkat ke Tanah Suci disampaikan Kepala Kantor Kemenag Balangan, H Saribuddin. Keberangkatan dimulai 11 Juni ke Banjarmasin untuk karantina satu malam.

“Tanggal 12 Juni jamaah dari Kabupaten Balangan berangkat di kloter pertama bersama jamaah dari Kabupaten Tabalong dan kabupaten Banjar,” kata H Sarubuddin. (mah/klik)

BACA JUGA :
Wali Kota Shalat Hajat dan Doa Bersama Jelang Keberangkatan JCH

Berita Terbaru

Scroll to Top