Simpang Tiga Percontohan Program ‘Desa Cantik Manis’

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Desa Simpang Tiga, Kecamatan Mataraman dicanangkan sebagai lokus penerima manfaat program Desa Cinta Statistik (Cantik), Maju Mandiri Agamis (Manis). Pencanangan program kerja bareng Badan Pusat Statistik (BPS) dan Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (DKSIP) Kabupaten Banjar ini dilakukan, Rabu (8/6/2022) oleh Bupati Banjar H Saidi Mansyur.

Dikatakan Bupati Saidi Mansyur, pencanangan ‘Desa Cantik Manis’ untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengelola dan memanfaatkan data statistik dalam bentuk pengumpulan, pengolahan, dan penyajian data.

Tujuannya, kata Saidi, meningkatkan kualitas data yang lebih baik supaya pembangunan yang dilaksanakan pemerintah lebih tepat sasaran.
Desa yang terpilih dalam program ini, lanjutnya, akan mendapatkan pendampingan oleh BPS, DKSIP dan instansi terkait lainnya.

“Agar nantinya menjadi desa yang berdaya guna dan mampu mengembangkan desanya melalui data-data yang dimiliki, guna menyediakan data desa yang lengkap dan akurat,” kata Bupati Saidi.

Sekretaris Utama BPS RI, Atqo Mardiyanto yang hadir pada seremoni pencanangan mengatakan, program ‘Desa Cantik Manis’, secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa/kelurahan dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi desa, dalam rangka mendukung pengentasan kemiskinan.

Menurutnya, pada 2022 program Desa Cantik dilaksanakan di 514 desa/kelurahan yang tersebar di 514 kabupaten/kota, atau dengan kata lain 1 Desa Cantik setiap kabupaten/kota. (to/klik)

 

BACA JUGA :
Masyarakat Telaga Bauntung Diminta Dukung Program Pembangunan