Hari Lingkungan Hidup, Dinas PLH Balangan Gelar Aksi Tanam Pohon dan Bersih-bersih

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan melalui Dinas Pertanahan dan Lingkungan Hidup (PLH) bersama PT Adaro Indonesia mengelar peringatan Hari Lingkungsn Hidup 2022, Rabu (15/6/2022).

Diikuti ASN lingkup Pemkab Balangan mitra perusahaan, KPH Balangan, LSM, serta masyarakat, kegiatan mengusung tema ‘Sayangi Sungai, Bersama Kelola Sampah Kita’ diisi penanaman bibit pohon di sepanjang median jalan dari Masjid Al Akbar – Kantor Bappeda Balangan.
Kepala Dinas PLH Balangan, Musa mengatakan, rangkaian kegiatan dimulai dari aksi bersih-bersih dan penanaman pohon di sepanjang Jalan A. Yani, Sungai Nungkaran juga objek wisata Racah Mampulang.

“Terima kasih atas dukungan dari semua pihak dan kegiatan yang akan kita laksanakan mulai dari penanaman pohon, bersih-bersih dan susur sungai,” kata Musa.

External Relations Divison Head PT Adaro Indonesia, Thoha menyampaikan dukungan penuhnya dalam program pemerintah daerah kaitannya seperti aksi dari Hari Lingkungan Hidup ini.

“Kami mewakili PT. Adaro Indonesia dan Balangan Coal Group senantiasa mensupport program pemerintah dan berterimakasig sudah dilibatkan dalam kebiatan,” ungkapnya.

Selain itu pula, Kabid Pengendalian Pencemaran Dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Dinas Pertanahan Dan LH Kabupaten Balangan, Dessy Reyhanie, menambahkan hingga sekarang kolaborasi dari Dinas PLH Balangan terkait desa binaan kampung iklim sudah terdaftar sebagai kampung iklim madya, yaitu Desa Murung Ilung dan Desa Balida.

Dengan terjalinnya kerja sama, maka Dinas PLH bersama mitra perusahaan telah melakukan satu terobosan di Desa Murung Ilung yaitu pusat daur ulang Zero Waste atau nol sampah.

“Pengelolaan sampah di Desa Murung Ilung merupakan pilot project bersama PT Adaro Indonesia bersama mitra kerjanya sebagai percontohan agar tidak ada sampah yang dibuang ke TPA karna nol residu atau nol sampah,” ujarnya. (mah/klik)

BACA JUGA :
70 Persen Target Vaksinasi Nasional Tercapai, Bupati Tepati Janji

Berita Terbaru

Scroll to Top