Tingkatkan IKLH, Lahan Semak Belukar Kompas Dijadikan RTH

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Tingkatkan IKLH, Lahan Semak Belukar Kompas Dijadikan RTH

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Tingkatkan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup (IKLH) di kawasan perkotaan, Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Disperkim LH) Kabupaten Banjar kini membangun Ruang Terbuka Hijau (RTH) di kawasan perumahan Komplek Pangeran Antasari (Kompas), Kelurahan Jawa, Kecamatan Martapura.

Kepala Disperkim LH Kabupaten Banjar, Mursal, melalui Nur Aina selaku Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup mengatakan, proyek pembangunan Taman Permanen RTH Kompas yang dikerjakan sejak awal Juni 2022 lalu itu tentunya sudah sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Banjar, yakni H Saidi Mansyur – Habib Idrus Al Habsyie.

“Selain bertujuan untuk meningkatkan IKLH, pembangunan RTH ini juga bertujuan untuk mempercantik, memperindah, dan menghijaukan kota. Pembangunan RTH ini pun sebagai upaya kami untuk mengakomodir keinginan masyarakat yang menginginkan lahan tersebut dapat dikosongkan dan dijadikan RTH, serta area parkir untuk mendukung kelancaran saat pelaksanaan Haul Abah Guru Sekumpul,” ujarnya, Kamis (23/6/2022).

Sedangkan untuk fasilitas pendukung lainnya, papar Nur Aina didampingi Yunida Rosniar selaku Kepala Seksi Konservasi Sumber Daya Alam dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup (Kasi KSDA PLH), akan dikerjakan instansi terkait lainnya. Karena pihaknya hanya menyediakan lahan dan pembangunan infrastruktur tamannya.

“Seperti fasilitas untuk taman bermain ramah anak, nantinya akan dikerjakan Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) yang memang sudah menjadi tugas pokok dan fungsi (tupoksi), dan mereka lebih mengetahui. Jadi, selain taman dan area parkir, masih banyak lagi item-item lainnya yang akan di bangun di lahan seluas 3.432 meter persegi tersebut,” jelasnya.

Atas direalisasikannya pembangunan taman RTH yang dikerjakan CV ADIIVA dengan nilai kontrak sebesar Rp1.247.920.535,- bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Banjar Tahun Anggaran (TA) 2022 yang dilaksanakan selama 90 hari kalender dengan masa pemeliharaan selama 180 hari kalender tersebut, diharapkan Nur Aina dapat dimanfaatkan masyarakat setempat dengan sebaik-baiknya.

BACA JUGA :
Relawan Tagana Tidak Menuntut Banyak

“Keberadaan taman RTH ini juga bertujuan untuk meningkatkan pola hidup sehat masyarakat, karena nantinya taman ini akan dilengkapi berbagai fasilitas pendukung lainnya,” katanya.

Diwaktu berbeda, Lurah Jawa Hatthayerin menyebutkan, bahwa warga setempat menyambut gembira dengan direalisasikan proyek pembangunan taman RTH berdasarkan usulan Musrenbang tersebut . Terlebih, semua tahapan di lapangan hingga pemindahan bangunan warung di kawasan tersebut dapat diselesaikan Disperkim LH Kabupaten Banjar dengan baik.

“Dukungan masyarakat sangat luar biasa dengan adanya proyek pembangunan taman RTH Kompas ini. Karena, jauh sebelumnya masyarakat memang menginginkan area yang semula hanya semak belukar dapat dijadikan sebagai area parkir, dan RTH,” ucapnya.

Tentunya, tambah Hatthayerin lebih jauh, keberadaan taman RTH tersebut dapat menambah poin Kabupaten Banjar saat penilain Adipura nantinya.

“Karena area tersebut akan ditata lebih indah, nyaman, dan bersih. Terkait bagaimana nanti pengelolaan taman RTH ini nantinya, tentunya kami akan lakukan koordinasi dengan Dispersip LH Kabupaten Banjar,” pungkasnya.(Zai/klik)