Disperdagin Upayakan Genangan Tak Lagi Terjadi di Pasar Sudimampir

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Kadis Perdagin Kota Banjarmasin, Ichrom Muntezar

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Hujan yang mengguyur Kota Banjarmasin pada Senin (4/7/2022) lalu mengakibatkan sejumlah ruas jalan dan fasilitas umum terendam. Salah satunya di pasar tertua di Kota Seribu Sungai ini, yakni Pasar Sudimampir.

Akibat hujan selama lebih dari 5 jam, seluruh area pasar tersebut tergenang. Dampaknya, pedagang urung membuka dagangan hingga air benar-benar surut.

Menyikapi persoalan genangan di Pasar Sudimampir pasca genangan yang terjadi, Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Banjarmasin, Ichrom Muntezar, mengatakan, sebagian besar memang disebabkan hujan yang turun cukup deras dan diiringi meluapnya air Sungai Martapura.

“Penyebab utamanya dikarenakan curah hujan yang tinggi, ditambah air sungai pasang,” ucapnya.

Bagaimana dengan kondisi drainase di pasar tersebut? Ichrom mengakui, lambatnya air surut bisa saja penyebab lainnya dikarenakan kondisi drainase yang tidak berfungsi dengan baik sehingga air tidak mengalir lancar.

“Kita secepatnya akan turun ke lapangan untuk melihat dan mengkaji sejauh mana drainase di Pasar Sudimampir berfungsi. Jika memang kondisinya perlu diperbaiki, kita coba lakukan perbaikan,” katanya.
Hal ini, sambung Ichrom, dilakukan agar tidak lagi terjadi genangan meski hujan turun, baik dengan intensitas tinggi maupun rendah.

“Kita juga mengimbau kepada pedagang agar memperhatikan kebersihan di sekitar toko atau jualannya. Misalnya dengan menyimpan plastic bekas atau lainnya di dalam toko dan dikeluarkan setelah tutup. Sehingga sampah tadi tidak masuk ke saluran drainase yang bisa saja menyebabkan air tidak mengalir,” pungkasnya, seraya memastikan akan menurunkan tim untuk melihat langsung kondisi di pasar tersebut.(sin/klik)

 

BACA JUGA :
Ananda Pastikan Sudah Serahkan Fasilitas Negara

Berita Terbaru

Scroll to Top