Warga Palam Gotong Royong Bersama Camat dan Lurah

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

Klikkalimantan.com, Banjarbaru – Camat Cempaka dan Lurah Palam beserta elemen masyarakat melaksanakan kegiatan gotong royong rutin Kelurahan Palam di RT 12, RW 4, pada Jum’at (8/7/2022).

Lurah Palam Ciptadi Sunaryo mengatakan, kegiatan gotong royong ini merupakan arahan dari Camat Cempaka dalam rangka lomba hatinya PKK dan himbauan dari Pemko Banjarbaru sebagai penanganan banjir.

“Jadi beliau menyampaikan agar kegiatan ini dapat dimaksimalkan dilakukan rutin dua kali dalam seminggu untuk mencegah terjadinya banjir,” tuturnya.

Untuk lomba hatinya PKK kata Ciptadi, pihaknya telah mempersiapkan lahan, penanaman bibit buah, sayur, dan Toga juga pembuatan kolam ikan.

“Jadi kami membuat kolam ikan sederhana dengan ember sehingga dibawahnya ada ikan kemudian diatasnya dimanfaatkan untuk tanaman air,” ucapnya.

Ia berujar, gotong royong ini difokuskan pada RT 12 RW 4 Kelurahan Palam, karena disini sudah ada Kelompok Wanita Tani (KWT) yang sudah eksis di kelurahan tersebut.

“Lahannya pun disini lumayan luas dan banyak yang bisa dimanfaatkan, sangat cocok sehingga lomba hatinya PKK ini kami fokuskan di RT 12,” ujarnya.

Ciptadi berharap, agar kegiatan gotong royong ini dapat terus diberdayakan oleh masyarakat.

“Semoga terus eksis, konsisten dan istiqamah sehingga berlanjut terus dan memberikan manfaat untuk warga RT 12 menjadi percontohan bagi RT lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Camat Cempaka, Dedy Hariyadi menyampaikan, kegiatan ini merupakan arahan Pemko Banjarbaru dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Banjir. Agar melakukan gotong royong di wilayahnya masing-masing.

“Jadi kami mengajak warga untuk gotong royong membersihkan lingkungan, saluran drainase atau sungai supaya memperlancar aliran air saat turun hujan,” pungkasnya.

Masih kata Dedy, kegiatan ini bertujuan meningkatkan silaturahmi antar warga, sebagai Komitmen dan langkah masyarakat dalam menggugah untuk bergotong royong dan menumbuhkan kesadaran serta rasa tanggung jawab bersama dalam menjaga kebersihan dan keindahan.

BACA JUGA :
Intensitas Hujan Tinggi, Warga Kertak Baru Kebanjiran

Dedy berharap, dengan adanya kegiatan kerja bakti gotong royong yang rutin dapat terwujud lingkungan yang bersih, nyaman dan sehat. Selain di kelurahan palam kegiatan ini juga dilakukan bersamaan dengan kelurahan sungai tiung.

“Saya harap warga secara konsisten menjaga lingkungannya, agar tetap bersih dan rapi. Juga menjaga lancarnya arus air sebagai antisipasi turunnya hujan,” harapnya. (kus/klik)