Bupati Resmikan Rumah Restorative Justice di Kecamatan Batu Mandi

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, PARINGIN – Bupati Balangan Abdul Hadi meresmikan Rumah Restorative Justice (RJ) Kejaksaan Negeri Balangan, Kamis (2/6/2022) di halaman Kantor Kecamatan Batumandi. Persmian juga dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Balangan, La Kanna.

Disampaikan La Kanna, Rumah RJ ini merupakan program Kejaksaan Agung melalui Kejaksaan Negeri Balangan guna menyelesaikan perkara pidana tanpa melalui meja hijau dan memudahkan koordinasi dalam penyelesaian perkara diluar peradilan.

Selain itu, Rumah RJ juga untuk mendamaikan sebuah tindak perkara ringan, sehingga perkara tersebut tidak perlu dibawa ke pengadilan, sepanjang masih bisa diselesaikan diluar pengadilan dan secara kekeluargaan.

Menurut La Kanna, program Restorative Justice sudah berjalan sejak anuari dan sudah ada dua perkara diselesaikan yaitu penganiayaan serta pencurian.

Dijelaskan La Kanna, syarat yang bisa dilakukan Restorative Justice yaitu tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, tindak pidana hanya diancam dengan pidana denda atau diancam dengan pidana penjara tidak lebih dari 5 (lima) tahun, dan tindak pidana dilakukan dengan nilai barang bukti atau nilai kerugian yang ditimbulkan akibat dari tindak pidana tidak lebih dari Rp 2.500.000.

Sementara itu, Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap program kerja Kejari Balangan beserta jajarannya yang telah menghadirkan Rumah Restorative Justice bagi masyarakat Bumi Sanggam.

Menurutnya, selama ini mungkin masyarakat lebih mengenal pelayanan ini di kepolisian yaitu ketika masyarakat yang terlibat dalam suatu perkara konflik dengan cara penyelesaian melalui musyawarah dan mediasi.

“Dalam banyak kasus kami melihat warga juga lebih menyukai penyelesaian cara ini, sepanjang prinsip utamanya tetap mengedepankan pemulihan keadaan, memperbaiki kerugian dan mengembalikan pola hubungan baik dalam masyarakat,” kata Bupati Abdul Hadi. (mah/klik)

BACA JUGA :
Bupati Balangan Raih Penghargaan di Ajang TOP BUMD Awards 2023

Berita Terbaru

Scroll to Top