Komisi I DPRD Pastikan Pelaksanaan Pilkades Serentak 2022 Siap Digelar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Komisi I DPRD Kabupaten Banjar pastikan penyelenggaraan pesta demokrasi di tingkat desa, yakni Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 yang akan digelar di 117 desa dari 20 kecamatan, sudah siap dilaksanakan.

Pernyataan tersebut langsung diungkapkan, politisi Golkar, yakni Abdul Razak, usai memimpin Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi I bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Banjar, Jum’at (22/7/2022).

“Digelarnya RDP hari ini untuk memastikan dan mengetahui sudah sejauh mana persiapan yang dilakukan Dinas PMD dan Pemerintah Desa (Pemdes) terkait penyelenggaraan Pilkades serentak yang akan digelar pada 9 November 2022 mendatang,” ujarnya.

Berdasarkan hasil RDP tersebut, papar Ketua Komisi I ini, secara umum penyelenggaraan Pilkades serentak sudah siap.

“Jadi, secara umum kami nilai Dinas PMD sudah cukup siap. Baik dari sisi regulasinya, sarana dan prasarana, tak terkecuali terkait kesiapan anggarannya. Kita juga meminta Dinas PMD agar melakukan evaluasi terkait sejumlah permasalahan yang pernah terjadi di gelombang pertama. Seperti undangan, Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan lain sebagainya,” ucapnya.

Dengan begitu, lanjut Abdul Razak, sejumlah permasalahan yang terjadi pada pelaksanaan Pilkades sebelumnya tidak terulang kembali.

Di tempat yang sama, Syahrialludin selaku Kepala Dinas PMD Kabupaten Banjar, memastikan penyelenggaraan Pilkades serentak 2022 akan tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19.

“Jadi, pelaksana Pilkades serentak 2022 tetap mengacu Peraturan Kementerian Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 72 Tahun 2020, sama seperti tahun sebelumnya,” katanya.

Sedangkan untuk total besaran anggaran pelaksanaan Pilkades hingga pelantikan Kades terpilih pada Desember mendatang, tambah Syahrialludin, sebesar Rp2,5 Miliar.(zai/klik)

BACA JUGA :
Malam Idul Fitri 1444 H di Balangan Meriah dengan Pawai Takbiran

Berita Terbaru

Scroll to Top