Peringatan HUT ke-77 RI akan Diselenggarakan Seperti Sebelum Pandemi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
HUT RI - Rapat persiapan HUT ke-77 RI di Aula Gawi Sabarataan, Balaikota Banjarbaru. (foto: kominfo/klik)

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Peringatan HUT ke-77 RI di Kota Banjarbaru diagendakan terlaksana seperti sebelum masa pandemi Covid-19. Sejumlah agenda kegiatan direncanakan akan diselenggarakan.

Disebutkan Ketua Tim Pelaksana HUT ke-77 RI lingkup Pemerintah Kota (Pemko) Banjarbaru, Dedy Sutoyo pada rapat persiapan, Jumat (22/7/2022) pekan kemarin di Aula Gawi Sabarataan, Balaikota Banjarbaru, pihaknya tetap akan mempersiapkan matang rencana perayaan HUT ke-77 RI meski hingga kini belum belum ada arahan resmi dari Sekretariat Negara tentang pelaksanaannya.

“Dipersiapkan dalam kondisi normal seperti sebelum masa pandemi covid-19, sehingga jika sudah ada petunjuk resmi dari Sekretariat Negara terkait pelaksanaan HUT RI ke-77 akan diatur kembali dan tidak banyak kegiatan yang akan dirubah,” ujar Dedy.

Menurutnya, yang dipersiapakn dan sudah mulai mengikuti pelatihan sejak 24 Juli 2022 adalah Pasukan Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibra).

Pelaksanaannya, kata Dedy, perlu bantuan dari instansi terkait seperti Dinas Perhubungan untuk penutupan jalan di depan Balai Kota, Satuan Polisi Pamong Praja untuk menjaga keamanan dan ketertiban di lokasi latihan dan Dinas Perumahan dan Permukiman untuk men-steril-kan tanaman yang menjadi pembatas jalan di depan Balai Kota.

Selain itu juga ada beberapa kendala yang dapat mengganggu latihan Paskibra yang salah satunya adalah ada kegiatan pameran yang dilaksanakan di Lapangan Dr Murdjani sehingga sedapat mungkin pihak-pihak terkait dapat mengatur dan mengkoordinasikan dengan penyelenggara agar tidak mengganggu latihan paskibra.

Disampaikan Dedy pula, beberapa kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke-77 di Kota Banjarbaru yakni lomba fashion show dengan nuansa kemerdekaan antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lomba menyanyikan lagu kemerdekaan, lomba menghias gapura antar Kelurahan dan lomba baca puisi yang bertemakan kemerdekaan untuk pelajar serta diusulkan pula pertunjukan rakyat wayang banjar.

BACA JUGA :
Sekda Buka Lomba TTG Diikuti Pelajar Mahasiswa dan Masyarakat Umum

Kegiatan yang sangat disarankan Sekda Said Abdullah adalah donor darah untuk membanu stok darah Rumah Sakit Daerah Idaman Kota Banjarbaru merupakan rujukan untuk pasien Thalssemia yang tiap bulannya membutuhkan darah lebih dari 100 kantong.

Pada kegiatan tersebut, Sekda H Said Abdullah juga menyampaikan pelaksanaan Rakernas Apeksi di Padang pada tanggal 8 Agustus 2022 mendatang menjadi patokan. “Jika dilaksanakan tidak seperti pandemi covid-19, maka menjadi indikator bahwa peringatan HUT RI ke-77 tahun ini akan dilaksanakan seperti sebelum pandemi.” Kata Sekda Said Abdullah. (to/klik)