Meriahkan Harjad Ke-72, Pemkab Banjar Gelar Berbagai Perlombaan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Meriahkan Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Banjar Ke-72 dan Perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) Ke-77, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar gelar sejumlah kegiatan dan perlombaan.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Banjar, Ikhwansyah, menyebutkan, pada perayaan Harjad Kabupaten Banjar Ke-72 dan HUT RI Ke-77 tahun 2022 ini, akan digelar sejumlah kegiatan dan perlombaan, yang diantaranya diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemuda Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Banjar.

“Seperti lomba Festival Budaya yang pendaftarannya dibuka pada 16 Juni-12 Juli 2022 lalu. Untuk lomba kader PKK, koperasi, futsal, dan beberapa permainan tradisional lainnya, juga akan diperlombakan. Tapi, untuk kegiatan expo tahun ini ditiadakan, diganti dengan pameran batu permata yang diselenggarakan Dinas KUM Perindag Kabupaten Banjar,” ujarnya.

Sedangkan terkait kegiatan upacara HUT RI, papar Ikhwansyah, Pemkab Banjar sudah melakukan semua langkah-langkah persiapan sama dengan tahun sebelumnya. Termasuk mempersiapkan Tim Paskibra yang sudah dilakukan seleksi sebelumnya.

“Dengan turunnya angka kasus Covid-19, kita pun berharap peserta yang mengikuti kegiatan apel lebih banyak lagi, tapi tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 berdasarkan surat edaran dari kementerian yang berlaku,” katanya.

Di waktu berbeda, yakni Senin (25/7/2022), Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan Disbudparpora Kabupaten Banjar, Tisnohadi Harimurti, menjelaskan, gelaran festival budaya pada peringatan Harjad Kabupaten Banjar dan HUT RI tersebut merupakan salah satu upaya untuk melestarikan budaya Banjar yang tentunya didukung Tim penggerak PKK Kabupaten Banjar, sebagai salah satu dari implementasi 10 program pokok PKK.

“Dengan kegiatan ini diharapkan kesenian dan wastra Kabupaten Banjar dapat terus bertahan, berkembang, dan dapat diwariskan kepada generasi penerus, sebagai warisan budaya bernilai luhur yang membentuk identitas bangsa di tengah dinamika perkembangan dunia. Salah satu caranya, yakni melalui penyelenggaraan festival budaya,” bebernya.

BACA JUGA :
Kecamatan Astambul Salurkan Logistik Untuk 22 Desa Terdampak Banjir

Selain memperebutkan trofi dan gelar juara, tambah Tisnohadi Harimurti, pada gelaran festival budaya dalam rangka memeriahkan HUT RI dan Harjad Kabupaten Banjar yang mengusung tema “Bersinergi untuk Penguatan Ekonomi dan Sosial Masyarakat yang Maju Mandiri dan Agamis”, peserta juga akan memperoleh hadiah puluhan juta rupiah.

“Total hadiah yakni sebesar Rp47.400.000, terdiri dari Rp10.650.000 untuk festival Sinoman Hadrah yang dilaksanakan pada 25 Juli, Rp18.000.000 untuk festival Maulid Habsyi (putra-putri) yang dilaksanakan pada 1 -2 Agustus, Rp18.750.000 untuk festival Rudat (putra-putri dan pelajar) yang dilaksanakan pada 3-4 Agustus,” ungkapnya.

Besaran total hadiah tersebut, lanjut Tisnohadi Harimurti, masih belum termasuk hadiah lomba festival Busana Adat Banjar yang disediakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar.(zai/klik)

 

Berita Terbaru

Scroll to Top