Groundbreaking Gedung DPRD Banjarmasin, Ibnu Sina: Konsepnya Rumah Adat Banjar

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina bersama unsur pimpinan DPRD bersama Forkopimda menekan sirene tanda dimulainya pembangunan gedung baru DPRD.

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Walikota Banjarmasim H Ibnu Sina, didamping unsur pimpinan DPRD beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banjarmasin, secara simbolis menekan sirene tanda dimulainya pembangunan gedung DPRD, Selasa (2/8/2022).

Pembangunan gedung dewan berlokasi tepat di samping bangunan gedung lama dengan anggaran mencapai Rp40 miliar dengan sistem multiyear ini, dikerjakan oleh PT Rancang Bangun Mandiri (RBM) selaku pemenang lelang proyek yang dilaksanakan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Menurut Walikota Ibnu Sina, gedung baru ini dibangun sebanyak tiga tingkat empat lantai, dengan konsep bangunan modern bernuansa rumah adat Banjar Bubungan Tinggi dan Gajah Manyusu.

“Konsep bangunanya rumah adat Banjar, bumbungan tinggi gajah manyusu. Sangat identik dengan adat istiadat kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Ibnu Sina meminta kepada kontraktor memperhatikan keselamatan pekerja dan mengantisifasi sekecil mungkin terjadinya masalah lain yang diakibatkan proses pembangunan, seperti terjadinya retakan pada bangunan lain di sekitarnya.

“Termasuk mengantisipasi dampak kerusakan fasilitas umum dari pelaksanaan proyek, karena banyak bangunan di samping proyek gedung dewan ini. Jadi harus dicermati dengan teliti,” pintanya.

Ibnu Sina berharap, gedung baru ini bisa meningkatkan mutu pelayanan seluruh anggota dewan kepada masyarakat.

“Harapan kita seperti itu,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Harry Wijaya, menyebut, pembangunan gedung DPRD baru memang sudah saatnya dilakukan, mengingat kondisi gedung lama yang usianya sudah puluhan tahun dan sering tergenang air jika kondisi sungai pasang dan hujan deras.

“Alhamdilillah, pembangunanya sudah dimulai. Semoga memberikan dampak positif bagi kemajuan pembangunan di Kota Banjarmasin,” pungkasnya. (sin/klik)

BACA JUGA :
Polres Banjarbaru Bangun Gedung Untuk Sat Resnarkoba