Festival Rudat Disbudporapar Banjar, SMPN 1 Astambul Juara 1

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
RUDAT - Grup Rudat SMPN 1 Astambul yang berhasil menjadi Juara 1 pada Festival Rudat 2022 diselenggarakan Disbudporapar Kabupaten Banjar dalam rangka peringatakan Hari Jadi ke-72 Kabupaten Banjar. (foto: kominfo)

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Banyak kegiatan diselenggarakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-72 Kabupaten Banjar. Satu di antaranya Festival Rudat diselenggarakan Dinas Kebudayaan Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar), Kamis (4/8/2022) di aula kantor dinas setempat di Martapura.

Trisnihadi Harimurti, Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan pada Disbudporapar Kabupaten Banjar mengatakan, tujuan diselenggarakan festival ini lantaran rudat merupakan kebudayaan dan kesenian asli Kabupaten Banjar. Rudat tercipta dan berkembang di kalangan masyarakat Kabupaten Banjar dan berbeda dengan jenis kesenian lainnya.

Menurutnya pula, Rudat juga merupakan kandidat warisan budaya, sehingga kewajiban sebagai pemerintah daerah melestarikannya. “Salah satunya memberikan kesempatan bagi kelompok kesenian, khususnya rudat untuk tampil di kegiatan festival pada hari ini,” kata Trisnohadi.

Pada festival ini, Trisnohadi menambahkan, hadiah yang disiapkan panitia menyiapkan total hadiah sebesar Rp12,5 juta untuk juara 1 – 3 kategori umum dan pelajar. “Sementara penyerahan trophy dan hadiah lainnya akan di serahkan pada puncak Hari Jadi Kabupaten Banjar nantinya,” imbuhnya.

Sebanyak depalan grup kategori pelajar ambil bagian dalam festival ini. Setelah melalui penjurian, SMPN 1 Astambul berhasil menjadi Juara 1. Sedangkan Juara 2 dan 3 diraih SDN Sekumpul 1 dan MTs Negeri 1 Banjar. “Juara favorit SMPN 4 Martapura,” kata Trisnohadi. (to/klik)

BACA JUGA :
Tata Kelola SKKT Banjarmasin Perlu Dibenahi