PUPR Kalsel Perbaiki Jalan Rusak di Perempatan Bi’ih Menuju Jalan Ahmad Yani

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Kerap dilintasi dumtruk bermuatan batubara, kondisi ruas Jalan Bypass Lingkar Mataraman-Sungai Ulin dari perempatan Jalan Bi’ih menuju Jalan Ahmad Yani, tak jauh dari Makam Syekh Abdul Qadir atau Pangeran Sukarama, mengalami kerusakan cukup parah.

Dikonfirmasi terkait perihal tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memastikan akan melakukan perbaikan. Sebab, keberadaan jalan tersebut dianggap sangat vital, khususnya dalam mendukung kelancaran arus lalulintas saat pelaksanaan Haul Akbar Abah Guru Sekumpul (Syekh Muhammad Zaini bin Abdul Ghani) di tahun yang akan datang.

“Proyek pengerjaan ruas Jalan Lingkar Mataraman – Sungai Ulin masih tersisa sekitar 1,1 Km lagi yang belum beraspal, dari total panjang ruas jalan sekitar 14 Km,” ujar Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga PUPR Kalsel, M Yasin Toyib, 5 Agustus 2022 kemarin.

Karena sebab itulah, papar M Yasin Toyib, pihaknya kembali mengajukan pengerjaan proyek Lingkar Mataraman – Sungai Ulin di anggaran perubahan nanti, dengan total besar pagu anggaran sekitar Rp8 Miliar.

“Jadi, dibutuhkan dana kurang lebih sekitar Rp8 Miliar sampai dengan perkerasan dan pengaspalan jalan. Terkait hal ini pun sudah kita sampaikan ke Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalsel. Terlebih, kemungkinan di tahun depan akan di selenggarakan haul Abah Guru Sekumpul yang jamaahnya diprediksi lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya, pasca ditiadakan selama dua tahun,” ucapnya.

Kalau hanya mengandalkan ruas Jalan Ahmad Yani, lanjut M Yasin Toyib lebih jauh, dipastikan tidak akan mampu kalau berkaca dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dianggaran perubahan nanti, kita tidak hanya melakukan pengaspalan di ruas Jalan Lingkar Mataraman – Sungai Ulin yang masih tersisa 1,1 Km saja. Tapi, kita juga akan melakukan pengaspalan dibeberapa titik ruas jalan yang mengalami kerusakan menuju Jalan Ahmad Yani, hingga menanggulangi masalah banjir genangan di salah satu komplek perumahan yang kerap terjadi banjir genangan akibat terdampak proyek pengerjaan Jalan Lingkar Mataraman – Sungai Ulin,” bebernya.

BACA JUGA :
Pedagang Pasar Cemara Ingin Banjarmasin Dipimpin Perempuan

Dengan sejumlah PR tersebut, M Yasin Toyib pun berharap anggaran yang diajukan pada perubahan tersebut dapat mencukupi.(Zai/klik)