Ziarah Makam Datu Kalampayan Jelang Puncak Hari Jadi

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Jelang puncak Peringatan Hari Jadi ke-72 Kabupaten pada yang akan dilaksanakan 24 Agustus mendatang, Bupati/Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur – Habib Idrus Al Habsyie, Sekda HM Hilman dan seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar, berziarah ke makam Syekh Muhammad Arsyad Al Banjari, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Datuk Kalampayan, di Desa Kalampayan, Kecamatan Astambul, Rabu (10/8/2022).

Dipimpin guru Ahmad Fauzan, rombongan dengan penuh takzim melantunkan Qasidah Salamullah Yaa sadah sebagai salam dan penghormatan kepada ahli kubur, baik ketika baru datang dan sebelum beranjak dari tempat duduk. Prosesi ziarah dilanjutkan dengan pembacaan amaliah dan wasiat Datu Kalampayan, surah yasin, tahlil dan ditutup dengan doa.

Bupati Saidi Mansyur menyampaikan, ziarah dikakuka dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Banjar ke 72 dan HUT kemerdekan RI ke 77.

”Tujuan ziarah ini, disamping sebagai ajang silaturahmi juga berdoa dengan perantara Datuk Kalampayan agar Kabupaten Banjar yang kami pimpin dapat keberkahan dan terhindar dari bala bencana,” ungkap Saidi.

Ia menambahkan, dengan keberkahan silaturahmi dan doa orang saleh, tugas sebagai pimpinan daerah yang ia emban bersama Habib Idrus, mendapatkan bimbingan dan kemudahan dari Allah SWT.

”Semoga dengan pelaksanaan ziarah ini peringatan Hari Jadi nanti mendapatkan keberkahan. Mudah-mudahan bisa menjadi agenda rutin Pemkab ke depannya,” kata Bupati Saidi. (to/klik)

BACA JUGA :
Indeks Risiko Bencana Kabupaten Banjar Peringkat Tiga