Kompetensi SDM Pengelola Air Limbah Ditingkatkan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi pimpinan SKPD terkait menerima audiensi dari Indah Water Konsortium (IWK) Malaysia, di Ruang Rapat Baiman, Balai Kota Banjarmasin, Selasa (12/07).

Kepada H Ibnu Sina, perwakilan perusahaan dari negri tetangga tersebut menjelaskan, bahwa kedatangan mereka adalah sebagai tindak lanjut dari kerja sama dengan Perumda PALD Kota Banjarmasin.

Orang nomor satu di kota seribu sungai itu pun berharap, program kerja sama dengan jangka waktu tiga tahun tersebut dapat meningkatkan kompetensi para tenaga pengelola air limbah di Kota Banjarmasin. “Mudah-mudahan program selama 3 tahun terkait dengan peningkatan SDM dalam bentuk training, kemudian juga kompetensi para SDM air limbah kita dan beberapa kegiatan lain yang menunjang Kota Banjarmasin bisa lebih baik lagi dari sektor pengelolaan limbah,” harapnya.

Lebih lanjut dikatakannya, buah dari program pelatihan pembuatan sanitasi air limbah tersebut akan diaplikasikan di beberapa titik di Kota Banjarmasin agar tidak mengotori sungai serta aliran air lainnya seperti drainase atau selokan. “Termasuk juga penerima manfaat dari 2 lokasi yaitu Kampung Hijau di Kampung Melayu dan Kampung Biru di Kelurahan Sungai Bilu, ini nanti dengan Camat dan Lurah bisa dikerjasamakan, sehingga Kota Banjarmasin juga bisa memiliki standar pelayanan dari aspek air limbahnya dan juga pengelolaan air bersih,” pungkasnya.

Pasalnya, selama tiga hari ke depan, Tim dari IWK Malaysia yang didampingi Perumda PALD juga akan melakukan observasi terkait pengelolaan air limbah di beberapa titik di Kota Banjarmasin, diantaranya Kampung Hijau, Kampung Biru, serta Sungai Martapura.(sin/klik)

 

BACA JUGA :
RSD Idaman: Terkena Serangan Jantung, Ini Empat Cara Pertolongan Pertama

Berita Terbaru

Scroll to Top