Balangan Siaga Bencana Karhutla dan Kabut Asap

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
KARHUTLA - Apel kesiapsiagaan karhutla dan bencana kabut asap dilaksanakan dilaksanakan BPBD Kabupaten Balangan.

klikkalimantan.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan dimotori Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melaksanakan apel siaga menghadapi bencana kabut asap akibat kebakaran lahan dan hutan (karhutla), Kamis (21/7/2022) di pelataran depan Kantor Bupati Balangan di Paringin. Apel dipimpin Bupati Balangan H Abdul Hadi.

Dikatakan Bupati Abdul Hadi, berdasarkan perkiraan BMKG, Agustus menjadi puncak musim kemarau tahun ini. “Dan alhamdulillah dari jajaran Polres, TNI, Tagana, Pemadam Kebakaran, ORARI, PMI semuanya dikerahkan,” ujarnya.

Lebih lanjut dipaparkan Bupati, tak hanya menimbulkan permasalahan lingkungan, kabut asap dampak karhutla juga bedampak buruk pada kesehatan dan transportasi. “Semoga karhutla di Kabupaten Balangan ini bisa dikendalikan,” kata Abdul Hadi sembari mengimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam membakar lahan.

Menambahkan Bupati, Kepala BPBD Kabupaten Balangan, H Rahmi menjelaskan, pelaksanaan apel siaga kali ini sebagai lanjutan arahan pemerintah pusat ikhwal penanggulangan bencana kabut asap.

“Kita sudah membentuk tim satgas penanganan karhutla bersama TNI-Polri serta stakeholder terkait untuk mengamankan wilayah rawan karhutla berdasarkan pengalaman beberahun sebelumnya,” kata H Rahmi.

Disebutkan dia, sejumlah daerah rwan karhutla tersebut adalah Kecamatan Lampihong, Tebing Tinggi, Awayan, dan Halong, “Itu yang kita waspadai. Dan sesuai rapat koordinasi yang telah dilakuka bersama Bupati pada 23 Juni lalu, telah ditetapkan status siaga bencana karhutla,” pungkasnya. (mah/klik)

BACA JUGA :
Wartono: Camat dan Lurah Terus Bina Pokmas Penerima Hibah Dana RT Mandiri

Berita Terbaru

Scroll to Top