Sekda: Regsosek, Upaya Pemerintah Hadirkan Data Komrehensif

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Banjar, HM Hilman membuka rapat koordinasi (Rakor) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) 2022, Rabu (21/9/2022) di Aston Banua Hotel and Convention Center, Gambut.

Dikatakan Sekda Hilman, kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk menghadirkan data yang kompherenshif bagi masyarakat, serta mempermudah para pengguna data yang ingin memantapkan data untuk kemajuan pembangunan dan pemulihan ekonomi melalui jaringan sosial yang akan dilaksanakan khususnya di Kabupaten Banjar dan sudah dilaksanakan di seluruh Indonesia.

Menurutnya, data REGSOSEK yang lengkap akan mendukung program ekonomi, penyediaan kebutuhan dasar, pemerataan akses pendidikan dan kesehatan, meningkatkan inklusi keuangan dan program lain untuk mendorong potensi pembangunan di daerah.

“Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2018 tentang Satu Data Indonesia merupakan regulasi untuk terbangunnya sistem statistik nasional, dimana ketersediaan data yang berkualitas, mudah diakses dan digunakan dapat diwujudkan,” ucapnya.

Kepada pihak Badan Pusat Statistik (BPS) Banjar sebagai pelaksana, dirinya berharap untuk melakukan pendekatan yang humanis dan persuasif kepada masyarakat tentang pentingnya data pendataan awal pada REGSOSEK ini.

Sementara Kepala BPS Banjar Abdullah Rifai mengatakan, REGSOSEK bagian dari reformasi sistem perlindungan sosial yang konsepnya telah dirancang sejak 2020. Pemerintah merasakan bahwa pelaksanaan perlindungan sosial perlu perbaikan, bantu sosial sebagai bagian dari perlindungan sosial harus disalurkan tepat sasaran kepada masyarakat yang membutuhkan termasuk terdampak bencana pandemi Covid-19. (to/klik)

BACA JUGA :
Bangun Gedung Baru Kampus ITS Mandiri di Kabupaten Balangan

Berita Terbaru

Scroll to Top