Ketua TP PKK Banjar Bangga pada Gapoktan Kayuh Baimbai

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Ketua TP PKK Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tyas hadir pada peresmian bangunan bangsal pengolahan cabai, Selasa (4/10/2022) di Desa Simpang Empat, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Banjar.

Kegiatan digelar sekaligus syukuran atas disalurkannya bantuan pemerintah dan BUMN TA 2022 untuk Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kayuh Baimbai ini, juga dihadiri Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortukultura (TPH) Kalimantan Selatan, Syamsir Alam dan Analis Kebijakan Madya Ditjem Hortukultura Kementerian Pertanian RI, Ermia Sofiyessi.

Hj Nurgita Tyas bangga dengan Gapoktan Kayuh Baimbai beserta seluruh anggota karena tetap dengan kultur masyarakat Kabupaten Banjar bekerja di bidang pertanian. Bantuan yang diserahkan ini, salah satu bukti nyata, sekaligus apresiasi atas keseriusan warga mengolah lahan pertanianya.

Selain Gapoktan Kayuh Baimbai, bantuan berupa sarana dan prasarana pasca panen dan pengolahan juga diberikan kepada Kelompok tani Hidup Màkmur, Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Ada juga bantuan sarana pengolahan hortikultura Solar Dryer kepada Poktan Karya Baru Kabupaten Tapin dan bantuan prasarana budidaya sayuran (kubung jamur) Poktan Makmur Kabupaten Batola

Kepala Dinas TPH Kalsel Syamsir Rahman menjelaskan, bantuan bangsal untuk hortikultura tersebut yakni peralatan pengering, penghancur sampai pengolahan khusus untuk cabai. ”Selain menanam padi, jagung dan kedelai di desa Simpang empat ini dikhususkan untuk tanaman hortikultura seperti cabai. Peralatan yang diberikan harus dijaga dan dipelihara karena bantuan ini bernilai besar,” pesannya.

Menurutnya, alat tidak hanya digunakan untuk kelompok tani yang ada di desa ini, namun juga bisa dimanfaatkan untuk kelompok tani lain. Selain bantuan dari pemerintah ada juga bantuan dari PLN untuk pembibitan ikan papuyu secara elektrik

Dikatakan Syamsir, bantuan alat yang diserahkan tidak hanya digunakan untuk kelompok tani yang ada di desa ini, namun juga bisa dimanfaatkan untuk kelompok tani lain. Selain bantuan dari pemerintah ada juga bantuan dari PLN untuk pembibitan ikan papuyu secara elektrik. (to/klik)

BACA JUGA :
Manis FC Juara ‘Bank Kalsel Trofeo 2023’, Bupati Pemain Terbaik

Berita Terbaru

Scroll to Top