Hari Santri Nasional 2022, Bupati: Santri Bisa Jadi Apa Saja

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Bupati Banjar H Saidi Mansyur

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2022 di Kabupaten Banjar dipusatkan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Alun-alun Ratu Zalecha Martapura. Di sana digelar juga pameran dan perlombaan untuk memeriahkan perinagtan hari santri yang tahun ini mengusung tema ā€˜

Bupati Banjar saat pembukaan rangkaian peringatan hari Santri Nasional (HAN), Sabtu (22/10/2022) petang mengatakan, momentum hari santri ini untuk mewarisi semangat jihad ke-Indonesiaan para pendahulu.

“Dengan semangat itu para santri masa kini dan masa depan, baik yang ada di pesantren maupun di luar pesantren, dapat memperkuat jiwa religius keislaman, sekaligus jiwa nasionalisme kebangsaan,” kata Bupati Saidi.

Kepada pera santri, utamanya di Kabupaten Banjar, Saidi mengajak untuk semangat cinta tanah air, menjaga eksistensi bangsa bersama-sama, tanpa terkecoh dengan politik identitas yang bisa saja merongrong rasa patriotisme generasi bangsa.

Menurut Saidi, santri kedepannya bisa jadi apa saja, termasuk pejabat dan sebagainya. Namun jangan lupa dengan tugas utamanya, yaitu menjaga agama itu sendiri dan selalu mengedepankan nilai-nilai agama dalam setiap perilakunya.

Sementara itu, Gusti Marhusin, Ketua Pelaksana Kegiatan Peringatan Hari Santri Tingkat Kabupaten Banjar mengatakan, peringatan hari santri melaksanakan beberapa kegiatan lomba, yakni Musabaqah Tilawatil Quran, Musabaqah Qiro’atil Kutub, Da’i dan Da’iyah, Festival Maulid Habsyie dan Khattil Quran. “Peserta Lomba terdiri dari pondok pesantren se-Kabupaten Banjar, Kotabaru dan Kota Banjarbaru,” ucapnya.

Dilaksanakan hingga 25 Oktober mendatang, juga dilaksanakan expo pesantren yang diikuti 15 perwakilan ponpes, yang akan berakhir 25 Oktober mendatang. (to/klik)

BACA JUGA :
Gandeng Uniska Banjarmasin, Bappedalitbang Cari Solusi Turunkan Prevalansi Stunting

Berita Terbaru

Scroll to Top