Puncak Harjad ke-496 Kota Banjarmasin, Sinergi Pemko dengan Seluruh Lapisan

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

Klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin menggelar puncak peringatan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin Tahun 2022, bertempat di Panggung Depan Balai Kota Banjarmasin, Rabu (28/09/2022).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh, Wali Kota Banjarmasin, H Ibnu Sina didampingi Wakil Wali Kota Banjarmasin, H Arifin Noor dan dihadiri Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) periode 2021-2024, Bima Arya yang juga Wali Kota Bogor, Gubernur Kalimantan Selatan yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Roy Rizali Anwar serta sejumlah Walikota se-Kalimantan.

Dalam sambutannya, H Ibnu Sina mengucapkan terimakasih banyak kepada seluruh pihak yang telah berhadir baik offline mapun secara online dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin.

Dalam kesempatan itu, Ia memaparkan terdapat sejumlah program yang telah rampung dikerjakan diantaranya pembangunan fisik seperti Jembatan, Jalan dan lainnya, serta penciptaan Wira Usaha Baru (WUB) dengan kolaborasi pentahelix ABCGM.

Disamping itu juga ujarnya, turut terwujud 17 Kampung iklim yang berfungsi untuk menambah daya tahan Kota Banjarmasin terhadap bencana, hal ini dimulai dari upaya normalisasi sungai.”Kemudian penambahan Bank Sampah yang saat ini mencapai 309 unit bank sampah dengan melibatkan karang taruna di 52 Kelurahan,” ucap H Ibnu Sina.

“Jadi ini, adalah sinergitas yang luar biasa untuk membangun Kota Banjarmasin yang berusia 496 tahun untuk lebih baik lagi kedepannya,” tambahnya.

Selain itu, Ia mengatakan Hari Jadi Ke-496 Kota Banjarmasin menjadi sangat istimewa karena Kota Banjarmasin mendapatkan penghargaan yaitu kawasan Kubah Basirih yang masuk dalam 50 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Tahun 2022.

Kado spesial lainnya yakni Kota Banjarmasin sudah memasuki bidang pendidikan dengan adanya sekolah penggerak termasuk mengumpulkan 35 SMP se-Kota Banjarmasin sebagai sekolah berbahasa Inggris yang secara resmi pada tahun ini akan memulai program pembelajaran dengan standar kompetensi lulusan SMP menggunakan English Level 2.

BACA JUGA :
Workshop Penguatan Inovasi Daerah, Kepala Bappedalitbang: Bukan Sekadar Kuantitas, Tapi Kualitas

“Alhamdulillah Ini juga akan sangat membantu pihak Provinsi untuk SMA serta perguruan tinggi secara langsung dengan literatur-literatur Internasional selain itu juga melibatkan kelompok rentan lainnya dalam pembangunan prinsip yang sama yaitu City For No One Left Behind tidak ada seorangpun yang tertinggal dalam pembangunan Kota,” tutur H Ibnu Sina.

Kemudian, Ia berharap semoga partisipasi semua pihak dalam membangun Kota Banjarmasin sebagai Kota perdagangan dan jasa tersebut akan semakin maju, Ibnu Sina berpesan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kota Banjarmasin agar layani warga Kota Banjarmasin dengan sebaik-baiknya.

“Jika bisa dipercepat kenapa harus diperlambat kalau bisa dipermudah jangan dipersulit kalau bisa selesai hari ini jangan ditunda-tunda sampai besok,” tutupnya.(sin/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top