Plt Silih Berganti, Lima Jabatan Eselon II Terisi, Kepala Disdik Liana Penny

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Lima jabatan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) yang selama ini lowong, dan hanya diisi Pelaksana Tugas (Plt), telah terisi pejabat definitif. Pelantikan lima pejabat eselon II tersebut dilakukan Bupati Banjar H Saidi Mansyur, Jumat (28/10/2022) di Gedung Mahligai Sultan Adam Martapura.

Kelima pejabat yang diambil sumpah jabatannya tersebut; Liana Penny sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik), Erni Wahdini sebagai Kepala Dinas Kepegawaian Daerah Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM), Ana Rosidawati sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP), Yudi Andrea sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Perijinan Terpadu Satu Pintu, (PMPTSP), dan Warsita sebagai Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dari lima jabatan kepala dinas yang telah kini terisi itu, kursi jabatan Kepala Disdik menjadi yang paling lama dijabat Plt pasca meninggalnya Maidi Armansyah. Sederet nama silih berganti. Ikhwansyah, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Banjar yang kala itu menjabat sebagai Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, menjadi Plt pertama terhitung sejak Agustus 2020.

Dari Ikhwansyah, estafet dilanjutkan Riza Dauly terhitung sejak Februari 2021. Kala itu, pria yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang), masih menduduki jabatan Kepala Dinas Perikanan. Namun tak lama, hanya satu bulan, Riza Dauly digantikan Liana Penny.

Tak seperti Ikhwansyah dan Riza Dauly, Liana Penny menjadi Plt Kepala Disdik terlama. Karena baru pada Agustus 2022, Plt Kepala Disdik digantikan Hj Nane Andriadne. Padahal jika mengacu pada Peraturan Menteri Pemberdayaan Apartur Negara Reformasi Birokrasi (PermenpanRB) Nomor 13/2014, jabatan Plt maksimal tiga bulan, dan hanya bisa diperpanjang tiga bulan lagi.

BACA JUGA :
Bappedalitbang Berganti Nama Bapperinda

Lama, dan banyaknya kursi jabatan eselon II tersebut sempat berujung pada teguran dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). “Sebenarnya bukan teguran, tapi arahan dan wejangan agar kursi jabatan kepala dinas yang kosong segera diisi,” kata Riza Dauly ditemui usai prosesi pelantikan.

Menurut Riza yang hingga seremoni pelantikan menjabat sebagai Plt Kepala BKDSDM, termasuk arahan dan ketentuan KSN yang dilaksanakan adalah lelang terbuka jabatan untuk semua jabatan kepala dinas yang lowong.

“Lima orang yang dilantik hari ini hasil assesmen lelang terbuka jabatan. Berikutnya segera akan dilakukan asemen untuk dua jabatan lagi. Dan sudah dianggarkan,” kata Riza sembari menyebut dua jabatan yang akan dilelang terbuka yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersib) dan Kepala Dinas Pertanian.

Sebelum Dipaparkan Riza Dauly, perihal yang sebenarnya sempat ingin ditanyakan langsung kepada Bupati Banjar H Saidi Mansyur. Namun saat ingin diwawancara usai proses pelantikan, Bupati Saidi Mansyur menolak berkomentar. “Sama Asisten saja,” ujarnya sembari langsung keluar ruangan di lantai dua gedung Mahligai Sultan Adam meuju kediaman dinasnya. (to/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top