Dinsos P3AP2KB dan Disdik Sosialisasi Cegah Pernikahan Dini

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AP2KB) Kabupaten Banjar menyelenggarakan sosialisasi pernikahan anak usia dini, Kamis (3/11/2022) di SMA Negeri 1 Martapura. Kegiatan dilaksanakan bersama Dinas Pendidikan (Disdik) ini dihadiri Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Banjar, Hj Nurgita Tyas.

Dikatakan Hj Nurgita Tyas, kegiatan ini adalah penyampaian materi sadari kesehatan reproduksi dan kanker payudara, yang nantinya akan menjadi pilar pembangunan yang mumpuni, paling tidak untuk daerah Kalimantan Selatan.

Dikatakan dia, melalui Dinsos P3AP2KB dan Disdik bisa bersinergitas tentang pembangunan manusia yang ada di Kabupaten Banjar. “Kami menginginkan ketahanan keluarga yang dimulai dari awal mereka memasuki usia lulus sekolah guna mencapai kesejahteraan masyarakat,” harapnya.

Menurutnya, penting mencegah terjadinya pernikahan dini yang dampak buruknya sangat banyak, seperti melajunya angka perceraian, angka kematian ibu, melajunya angka kematian bayi dan terjadinya keterlambatan tumbuh kembang anak (stunting).

Kepala SMAN 1 Martapura Eko Sanyoto menambahkan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman, memberikan pembelajaran dan inspirasi yang bermakna bagi anak didik generasi penerus bangsa.

“Mereka perlu di beri pembekalan supaya menjadi generasi yang tangguh dan generasi yang nantinya bisa menerima tongkat estafet pendidikan untuk kehidupan berbangsa,“ ucapnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Dua Tandon dan Wastafel dari Tedmound Foundation

Berita Terbaru

Scroll to Top