Juara Desa Terbaik, Pemdes Awang Bangkal Barat Pertanyakan Perhatian Pemerintah

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Desa Awang Bangkal Barat yang berada di wilayah Kecamatan Karang Intan ini mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) ratusan juta, hingga dinobatkan sebagai desa terbaik. Sayangnya, tak mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Torehkan prestasi sebagai Desa Terbaik, tentu bukan tanpa alasan. Beragam inovasi berbasis online dilakukan Pemerintah Desa (Pemdes) untuk mensejahterakan masyarakat.

Namun, sejauh ini Desa Awang Bangkal Barat justru tak mendapat perhatian lebih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar.

Padahal, dari berbagai programnya, Desa Awang Bangkal Barat yang berada di wilayah Kecamatan Karang Intan ini mampu menghasilkan Pendapatan Asli Desa (PADes) ratusan juta, hingga dinobatkan sebagai desa terbaik. Mulai tingkat Kabupaten hingga tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Alhamdulillah desa kita lebih dikenal di luar sana. Sayangnya, dengan kemenangan dalam lomba desa, tidak ada timbal baliknya dengan desa,” ujar Kepala Desa (Kades) Awang Bangkal Barat, Pajrul Rifani, melalui Sayuti Atmajaya selaku Sekretarisnya, Kamis (4/11/2022) kemarin.

Kekecewaan tersebut diungkapkan Pajrul lantaran hingga saat ini belum ada perhatian khusus baik dari Pemerintah Provinsi Kalsel maupun Pemkab Banjar, dalam menunjang berbagai program desa, khususnya Program Desa Wisata.

“Kalau hanya pemberian hadiah berupa trofi juara dan piagam penghargaan, itu hal yang biasa. Selama ini, 30% pelaksanaan mandiri desa. Baik program pembersihan lahan, pembangunan gazebo, semua sumbernya dari desa,” ucapnya.

Bahkan, papar Sayuti Atmajaya lebih jauh, pasca desa terbaik se-Kalsel diraih Desa Awang Bangkal Barat, hingga saat ini Pemkab Banjar belum menunaikan janjinya yang akan memberikan hadiah dana sebesar Rp20 Juta.

“Kalau hadiah sebesar Rp45 Juta dari Pemprov Kalsel sudah diberikan. Namun, untuk hadiah dari Pemkab Banjar yang akan diberikan setelah APBD Perubahan, hingga saat ini belum direalisasikan. Padahal plakat hadiahnya sudah diserahkan Pemkab Banjar secara simbolis,” tuturnya.

Agar pembangunan di Desa Awang Bangkal Barat kedepannya lebih bagus lagi, Sayuti Atmajaya membeberkan bahwa desa sudah berusaha membuat proposal yang akan dilayangkan ke Kementerian Desa (Kemendes).

BACA JUGA :
Wow, Proyek Pengadaan IPad Anggota Dewan Banjarbaru Ternyata Dadakan

“Hal ini sebagai salah satu upayanya, dan proposal tersebut sudah ditandatangani Bupati dan mendapat persetujuan, tinggal kita kirimkan saja ke Kemendes. Tapi, kita tetap berharap agar kedepannya mendapatkan perhatian khusus, baik dari Pemkab Banjar dan Pemprov Kalsel,” pungkasnya.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top