Ratusan ASN Banjar Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar bekerja sama dengan pengacara aari Klinik Hukum DF & Rekan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Aparatur Sipil Negara (ASN). Diikuti 150 ASN, bimterk digelar tiga hari, 15 – 17 November 2022 di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar di Martapura.

H Amanul Yakin Anang, salah satu narasumber di hari pertama bimtek menyampaikan materi tentang public speaking yang sangat penting dikuasai oleh ASN. Menurutnya, public speaking bukan hanya bicara ketika di atas panggung, tetapi bagaimana berkomunikasi yang berkarakter, profesional, dan berintelektual.

“Karena ASN pasti berkomunikasi baik ke atasan maupun ke masyarakat. Jadi bagaimana komunikasi tersebut yang beretika, tidak sembarangan, tidak sembarangan bersikap, dan tidak sembarang berpenampilan,” ucapnya.

Ketua pelaksana kegiatan Achmad Bayu Chandrabuwono mengatakan Bimtek ini bertujuan untuk menguatkan Sumber Daya Manusia (SDM) ASN. Dihari pertama adalah public speaking dan public relation, hari kedua teknik kepegawaian, dan hari ketiga teknik pengelolaan aset dan daerah.

“Kebetulan saya juga memberi materi tentang komunikasi efektif, yaitu persoalaan komunikasi pimpinan dan bawahan atau sebaliknya, bagaimana supaya instruksi yang disampaikan efektif dan pesannya sampai,” tuturnya

Sementara, Asisten Bupati Banjar Bidang Administrasi Umum, Hj Siti Mahmudah menjelaskan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari amanah UU ASN Nomor 5/2014 bahwa setiap ASN harus diberi pelatihan minimal 20 jam dalam setahun. “Kegiatan ini sebagai upaya memenuhi kewajiban kita dalam memberikan peningkatan wawasan terhadap ASN,” kata Mahmudah. (to/klik)

BACA JUGA :
Kabupaten Banjar Dipastikan Bebas dari Aktivitas Pertambangan Batubara Ilegal

Berita Terbaru

Scroll to Top