Tahap Dua Pembangunan Pasar Kuliner Barokah Dimulai

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PERESMIAN - Peresmian Pasar Kuliner Barokah tahap satu yang ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Bupati Banjar H Khalilurrahman awal Mei lalu. (foto: dok/klik)

KLIKKALIMANTAN.COM – Rampung dibangun pada 2018, pasar kuliner di Jalan Sukaramai diresmikan dengan nama Pasar Kuliner Barokah awal Mei lalu. Melanjutkan pembangunan tahap pertama, pembangunan tahap kedua pasar kuliner yang digadang-gadang jadi pusatnya kuliner di Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan dilanjutkan.

Saat ini, proses pekerjaan mulai dilaksanakan oleh pihak pemenang lelang, yakni CV Aulia Rahman. Berdasarkan pantauan klikkalimantan.com, Rabu (26/5/2019), warung-warung milik pedagang berada persis di samping bangunan tahap satu, mulai dibongkar.

Sama halnya dengan pembangunan tahap satu, menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Banjar melalui Jimmy, Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan, pembangunan tahap dua juga dibiayai APBD dengan anggaran mencapai Rp2,1 Miliar.

“Rp2.172.791.000. Pekerjaan dilaksankan oleh CV Aulia Rahma sebagai kontraktor dengan tanggal kontrak kerja per 17 Juni 2019,” kata Jimmy.

Dipaparkan Jimmy, tahap dua pembangunan pasar akan merampungkan sebanyak 46 kios lengkap dengan meja dan kursi sebanyak 30 set. “Ditambah kios yang terbangun di tahap satu, jadi total kios di Pasar Kuliner Barokah menjadi sebanyak 64 kios,” kata Jimmy.

Menurut Jimmy, dengan dilanjutkannya pembangunan tahap dua Pasar Kuliner Barokah diharapkan dapat kian menata pedagang dan kawasan pasar kuliner. Lebih dari itu, keberadaan Pasar Kuliner Barokah dapat menjadi salah satu ikon daerah.

Karena sesuai harapan Bupati Banjar H Khalilurrahman saat peresmian awal Mei lalu, kata Jimmy, Pasar Kuliner Barokah dikelola dan dikembangkan berbasis syariah sesuai kaidah dan nilai-nilai dalam agama Islam. Seperti diketahui pula, Kabupaten Banjar termasyur dengan julukan ‘Serambi Mekkah’ yang kental dengan nilai-nilai religi. (to/klik)

BACA JUGA :
Pemkab dan BPS Kapuas Bahas Satu Data

Berita Terbaru

Scroll to Top