PLN UIP KLT Rangkul Kejaksaan Agung Kawal Proyek Strategis Nasional di Kalsel

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARMASIN – Dalam rangka melaksanakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (PLN UIP KLT) melaksanakan Rapat Pendahuluan (Entry Meeting) dan Penandatanganan Pakta Integritas sekaligus Rapat Koordinasi Pengamanan Proyek Strategis dengan Direktorat D Kejaksaan Agung (Kejagung) RI, Kamis (22/12/2022).

Agenda ini merupakan pengamatan pembangunan strategis yang menjadi bagian dari peran intelijen penegakan hukum untuk melakukan upaya, kegiatan atau tindakan deteksi dini dan peringatan dini dalam rangka pencegahan, penangkalan, dan penanggulangan terhadap setiap ancaman, gangguan, hambatan, ataupun tantangan terutama dari aspek hukumnya yang mungkin timbul dalam kegiatan pengamanan pembangunan proyek-proyek strategis di lingkungan pemerintah. Salah satu diantara ruang lingkup bidang pengamanan pembangunan strategis tersebut yakni sektor ketenagalistrikan.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran dalam rangka mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan dan pembangunan proyek yang bersifat strategis baik nasional maupun daerah. Salah satunya termasuk kegiatan pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang kebutuhan listrik Kalimanan Selatan dan sekitarnya sehingga dapat meningkatkan perekonomian daerah /nasional.

Kepala Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan Dr. Mukri, S.H., M.H. mengapresiasi kedatangan Direktur D dan General Manager PLN UIP KLT beserta jajaran di Bumi Lambung Mangkurat. “Ini langkah tepat yang dilakukan oleh PT PLN (Persero) UIP Kalimantan Bagian Timur untuk meminta dukungan ke jajaran Jaksa Agung Muda Intelijen Khususnya Direktorial D (PPS) dalam rangka pengamanan pembangunan strategis yang kebetulan lokasi kegiatannya berada di daerah Provinsi Kalimantan Selatan,” ujar Mukri.

Ada pun sejumlah proyek yang sukses terbangun di Kalsel yakni proyek pembebasan lahan Pembangunan SUTT 150 kV Batulicin – Tarjun Kabupaten Tanah Bumbu dan Kabupaten Kotabaru, proyek pembebasan Lahan pembangunan PTLU Kalselteng di Kabupaten Tanah Laut, proyek strategis lainnya terhadap kegiatan pembebasan lahan pembangunan SUTT 150 kV Selaru – Sebuku di Kabupaten Kotabaru.

BACA JUGA :
PLN Dukung Kementerian ESDM pada G20 Energy Transition Working Group di Yogyakarta

Kejati Kalimantan Selatan sebagai satuan kerja kejaksaan di daerah senantiasa akan mendukung penuh seluruh kegiatan proyek strategis dimaksud. Namun berkaca dari pada kesempatan ini Mukri pun mengimbau agar segera dilakukan identifikasi masalah maupun potensi masalah yang kemungkinan akan muncul (mitigasi resiko).

Dalam sambutannya, Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Hari Setiyono SH MH juga menyampaikan bahwa kerja sama yang terjalin saat ini sudah berjalan dengan baik, dan dengan adanya kerja sama tersebut Kejaksaan Agung hingga Kejaksaan Negeri dapat melakukan monitoring atas pelaksanaan pembangunan Proyek Strategis Nasional, sehingga dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia juga berharap, penandatanganan pakta integritas yang digelar beberapa waktu lalu tak sekedar menjadi seremonial belaka. Namun benar-benar diterapkan dengan baik bahkan terus ditingkatkan secara berkelanjutan dengan tujuan bersama yakni terlaksanakan proyek yang dimaksud dengan tepat waktu, tepat mutu, dan tepat sasaran. PPS tingkat pusat apalagi dibawah kepemimpinan Direktorat D sekarang dapat bekerja dengan baik dalam pengamanan pembangunan strategis khususnya terhadap Proyek Strategis di Lingkungan PLN UIP KLT.

Sementara itu, GM PLN UIP KLT Josua Simanungkalit mengucapkan terima kasih kepada Direktur Pengamanan Pembangunan Strategis pada Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen Hari Setiyono, S.H., M.H dan jajaran yang telah berkenan hadir pada agenda ini. “Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas antara PLN UIP KLT dengan Kejaksanaan Agung, Kejati Kalsel, hingga Kejaksaan Negeri dibawahnya yang tentunya akan mendukung kinerja serta pencapaian bersama,” ujarnya.

Dengan berbagai tantangan yang terjadi selama periode 2022 ini, PLN UIP KLT tetap memberikan performa yang maksimal, yang tentunya memberikan progres positif atas pelaksanaan pembangunan.

BACA JUGA :
Panen Melon di Cempaka, Walikota: Pemko Siap Membantu Petani

Tahun ini PLN UIP KLT berhasil menyelesaikan pembangunan SUTT 150 kV Selaru – Sebuku & SUTT 150 kV Batulicin – Tarjun yang berada di Kabupaten Kotabaru & Kabupaten Tanah Bumbu Provinsi Kalimantan Selatan, jalur ini berhasil energize pada 12 Agustus lalu.

“Kelancaran pembangunan tersebut tentunya tidak lepas adanya dukungan seluruh pemangku jabatan dimana Kejaksaan Tinggi Kalimantan Selatan dan juga Kejaksaan Negeri Kotabaru dan Tanah Bumbu turut hadir dan berperan aktif dalam mengawal dan mendampingi insan PLN selama masa pelaksanaan pembangunan proyek,” ujarnya.

Oleh karena itu ia menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kejati Kalsel dan juga Kejari Kotabaru & Tanah Bumbu di Kalimantan Selatan beserta jajaran atas dukungan dan peran serta dalam mensukseskan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan di tahun 2022 yang telah kita jalani Bersama.

“Tahun 2023 semakin dekat, tantangan pembangunan tentunya semakin signifikan dan dinamis seiring dengan pengaruh perkembangan ekonomi, sosial dan kepentingan para pihak yang tentunya meningkat dibanding tahun sebelumnya. Ditambah dengan tugas baru terkait kesiapan infrastruktur ketenagalistrikan bagi Ibukota Baru di Provinsi Kalimantan Timur,” kata Josua. (*)

Berita Terbaru