Kampanye Pilah Sampah Dari Rumah, Terbanyak Kertas dan Plastik

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Dewi Heldayati, Direktur Bank Sampah Sekumpul

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Kampanye pilah sampah dari rumah terus digaungkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar. Salah satunya melalui Bank Sampah Sekumpul, Martapura.

Direktur Bank Sampah Sekumpul, Dewi Heldayati pada sesi dialog mengusung tema ‘Bijak Kelola Sampah (Bakisah) di Radio Suara Banjar, Kamis (6/4/2023) mengatakan, sangat penting bagi masyarakat mengenal jenis-jenis sampah. Ini sebagai fase awal pemilahan sampah.

Menurutnya, ada dua jenis sampah terbanyak yang dihasilkan dalam keseharian masyarakat. Yakni sampah kertas dan sampah plastik. Termasuk jenis sampah ini, kardus, buku bekas, kantong plastik, gelas dan botol plastik.

Dari kedua jenis sampah ini, kata Dewi, sampah plastik lebih berdampak buruk pada lingkungan. Terlebih lagi jika sampah plastik dibuang sembarang. Parahnya, pola hidup dan budaya masyarakat banyak yang membuang sampah plastik ke sungai. Padahal itu salah satu penyebab banjir.

Menurut Dewi, masiha da pemahaman yang salah di tengah masyrakat ikhwal jenis sampah ini. Utamanya sampah kertas. Mayoritas masyarakat mengklasifikasikannya sebagai sampah kering dan sampah basah.

Khususnya sampah kertas, Dewi mengimbau agar masyarakat memilahnya dan membawanya ke Bank Sampah. “Kalaupun tidak, berikan saja sampah-sampah kertas yang sudah dipilah tersebut kepada pemulung. Hitung – hitung berbagi untuk tambahan pendapatan mereka,” kata Dewi. (to/klik)

BACA JUGA :
Pemkab Balangan Peringati Hari Santri Nasional Tahun 2023, Bupati: Jihad Bukan Sebatas Pertempuran Fisik

Berita Terbaru

Scroll to Top