DPRD Kapuas Kaji Tiru Keberhasilan DKUMPP Banjar Bina UMKM

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Kabid Usaha Mikro, Rudy Mulyadi saat menyambut rombongan kunker Komisi III DPRD Kapuas.

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (DKUMPP) Kabupaten Banjar kedatangan tamu kunjungan kerja (kunker) anggota komisi III DPRD Kapuas, Kalimantan Tengah, Rabu (5/4/2023). Dipimpin H Ahmad Baihaqi, kedatangannya dalam rangka untuk mengkaji program diterapkan DKUMPP Kabupaten Banjar dalam pembinaan para pelaku UMKM.

Menurut Baihaqi, banyak produk UMKM dari Kabupaten Banjar masuk dan mendominasi pasaran di luar daerah. Tak terkecuali di Kabupaten Kapuas. “Karena itu, kami ingin cari tahu caranya untuk kemudian diterapkan di Kabupaten Kapuas,” ujar Baihaqi.

Kepala Bidang (Kabid) Usaha Mikro, Rudy Mulyadi yang menyambut kedatangan rombongan kuker didampingi Kabid Perindustrian, Lily Agustriana mengatakan, sukses produk UMKM; kuliner maupun kerajinan dari Kabupaten Banjar di sejumlah daerah tak lepas dari upaya Pemkab Banjar dalam membina UMKM.

Menurutna, ada beberapa upaya yang dilakukan untuk mendorong par apelaku UMKM. “Di antara lain dari segi permodalan, pembinaan melalui pendekatan kelompok-kelompok, fasilitasi perizinan dan bantuan promosi dan pemasaran,” kata Rudy.

Menambahkan Rudy, Kabid Perindustrian, Lily Agustriana menambahkan, DKUMPP juga memiliki beberapa inovasi dalam meningkatkan daya saing UMKM. “Ada inovasi Tangkap Adik Manis atau Datang Konsultasi Pulang Dapat Kemasan Manis dengan Rumah Kemasan Banjar Mobile,” ujarnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Tingkatkan Kerjasama, Senkom Mitra Polri Audiensi dengan Dewan

Berita Terbaru

Scroll to Top