Bupati: Investasi Solusi Tambah Pendapatan Daerah di Tengah APBD Minim

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
INVESTASI - Bupati Banjar H Saidi Mansyur memimpin Rapat Kerja Mingguan, Senin (8/5/2023) di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar dengan pembahasan utama investasi daerah. (to/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjar melaksanakan Rapat Kerja Mingguan, Senin (8/5/2023) di Aula Barakat, Kantor Bupati Banjar di Martapura. Rapat dipimpin Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan diikuti seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Banjar.

Pad arapat tersebut, Bupati Saidi menyampaikan terkait investiasi di Kabupaten Banjar dalam rangka upaya pembangunan yang lebih baik. Menarik investor ke daerah, menjadi salah satu cara meningkatkan keuangan daerah. Pasalnya, APBD saat ini minim.

Hal dapat dilakukan dalam upaya menarik investor, kata Saidi, adalah perizinan usaha. Karenanya, kepada OPD terkait, agar dapat berinovasi. Karena dengan masuknya investasi lebih banyak lagi, juga akan berdampak baik pada pengurangan angka pengangguran.

Tentang hal itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar, Yudi Andrea menyampaikan, perbaikan iklim investasi di daerah menjadi salah satu kuncinya. Dan peran kepala daerah dalam menjaga kondusifitas wilayah berperan penting. “Seperti jarang terjadi aksi guna dapat meningkatkan dan menjaga iklim investasi yang baik,” ujarnya.

Hal lain yang juga dapat dilakukan, kata Yudi, yakni bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memperbanyak penawaran atau promosi investasi daerah, salah satunya investasi di bidang pariwisata.

“Agar menarik para investor, pemerintah daerah menyiapkan kebijakan berupa peraturan daerah untuk kemudahan para Investor, dan pemberian insentif serta perizinan yang ditargetkan 100 persen digital atau online padaAgustus,” kata Yudi.

Sedangkan ikhwal penyelenggaraan pelayanan di Mall Pelayanan Publik (MPP) dan Plaza Pelayanan Publik, Yudi menyebutkan terjadi kenaikan beberapa bulan terakhir. Hingga April 2023, total layanan yang diberikan kepada masyarakat mencapai 2.574.

” Pelayanan di MPP dan di Plaza Pelayanan Publik setiap bulan meningkat, pada bulan April untuk MPP sudah memberikan layanan sebanyak 1.900 layanan. Di 2 Plaza Pelayanan Publik Gambut dan Simpang Empat sebanyak 674 layanan,” kata Yudi.

BACA JUGA :
Komisi II DPRD Banjar Tak Percaya PKP2B PT BIM Dicabut Kementerian, Peribadi Heru Jaya: Salah Alamat

Berita Terbaru

Scroll to Top