Warga Kampung Keramat Martapura dan Anggota Pramuka Kalsel Mengikuti Pelatihan Pembuatan Pakan Ikan Alternatif.

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
FOTO BERSAMA-Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah berfoto bersama dengan para peserta pelatihan pembuatan pakan ikan alternatif dengan probiotik di halaman kediaman gubernur di Kampung Keramat, Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, MARTAPURA–Untuk memberikan keterampilan baru bagi warga sekitar dan beberapa organisasi masyarakat di Kalimantan Selatan (Kalsel), Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah bersama Dinas Kelautan dan Perikanan melaksakan pelatihan pembuatan pakan ikan alternatif dengan probiotik di halaman kediaman gubernur di Kampung Keramat, Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu (18/6/2023).

Tak hanya diikuti masyarakat, pelatihan pembuatan pakan ikan alternatif dengan probiotik ini juga diikuti oleh Syidi Ahmad Jupiter, Erwin Agus Novia (DKD), dan Raudatul Fikriyah (Satgas Pramuka Peduli) dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka (Kwarda) Kalsel.

Ketua TP-PKK Kalsel, Hj Raudatul Jannah mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan keterampilan baru bagi masyarakat Kampung Keramat dan organisasi kemasyarakatan di Kalsel. Selain itu, pelatihan juga memberikan alternatif solusi pakan ikan lain yang menggunakan probiotik yang lebih murah dan menjanjikan sebagai usaha bagi masyarakat yang ingin meningkatkan penghasilan bagi keluarga.

Ulun dibantu teman-teman dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel sengaja membuat pelatihan ini dengan maksud agar masyarakat di Kampung Keramat dan organisasi kemasyarakatan di Kalsel, khususnya pramuka mempunyai keterampilan baru, terutama dalam pembuatan pakan ikan alternatif dengan menggunakan probiotik,” ujar Kak Odah, panggilan Hj Raudatul Jannah.

Sebab, kata Kak Odah, dengan probiotik ini selain bahan-bahan pembuatannya murah dan mudah didapat. Makanya ia ketrampilan seperti ini tidak hanya selesai pelatihan ini, namun diharapkan ilmu yang didapat pada hari ini dapat juga ditularkan dan disampaikan kepada orang lain, sehingga nantinya dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi semua masyarakat baik di Kampung Keramat dan Kalsel.

Probiotik menurut Tim Penyuluh dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel, merupakan makanan tambahan (suplemen) berupa sel-sel mikroba hidup, yang memiliki pengaruh menguntungkan bagi hewan inang yang mengkonsumsinya melalui penyeimbangan flora mikroba intestinal-nya. Selain itu, probiotik adalah mikroba yang menguntungkan bagi ikan. Mikroba ini antara lain bakteri asam laktat seperti lactobacillus, carnobacterium, pseudomonas dan beberapa kelompok bacillus yang berfungsi menguraikan sisa pakan, senyawa organik dari pakan yang terlarut, dan kotoran ikan.

BACA JUGA :
Camat Instruksikan Pemdes Lakukan Perbaikan Jembatan Gantung di Desa Rantau Bakula

Dalam membuat pakan ikan dengan probiotik, tambah Tim Penyuluh, bahan yang  diperlukan sangat mudah didapat dan murah, karena hanya dengan memerlukan kangkong, eceng gondok, atau sayuran yang ada di sekitar kita, kemudian ditambahkan probiotik yang bisa berupa ragi sebagai bahan fermentasi. Setelah difermentasi selama lima hari, pakan ikan sudah siap untuk digunakan.(pr/klik)

Berita Terbaru