Semangat Membina Pramuka, Paman Birin-Raudatul Jannah Diberikan Penghargaan Lencana Melati dari Wapres RI di Jakarta

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
PENYEMATAN-Wapres RI, KH Ma’ruf Amin saat menyematkan lencana Melati kepada Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalsel, H Sahbirin Noor saat upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 dan Pembukaan Raimuna Nasional XII di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Jakarta.(adpim/klik)

klikkalimantan.com, JAKARTA-Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalsel, H Sahbirin Noor didampingi Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah menerima penghargaan lencana melati saat upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-62 dan Pembukaan Raimuna Nasional XII di Lapangan Utama Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur, Jakarta, Senin (14/8).

Penghargaan lencana melati tersebut disematkan langsung oleh Wapres RI, KH Ma’ruf Amin dan didampingi Ketua Kwartir Nasional, Komjen Pol (Purn) Budi Waseso saat pembukaan Raimuna Nasional XII di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Cibubur, yang diikuti sebanyak 25 ribu anggota Penegak dan Pandega dari kontingen-kontingen seluruh Indonesia.

Untuk acara Raimuna Nasional XII sendiri, berlangsung selama enam hari dimulai pada tanggal 14-20 Agustus 2023 dengan 122 kegiatan, yang salah satu kegiatannya adalah pembekalan lima pilar rains yang terdiri atas persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, serta pengabdian masyarakat.

Sedangkan penghargaan diberikan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka kepada Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor, biasa disapa Paman Birin itu sebagai bentuk apresiasi terhadap pembinaan dan pengembangan gerakan pramuka, serta atas pelaksanaan Kemah Bela Negara 2023 yang berlangsung sukses di Kalsel.

Wapres RI, KH Ma’ruf Amin selaku pembina upacara pada peringatan Hari Pramuka Ke-62 tersebut mengatakan, Gerakan Pramuka mesti menggunakan cara-cara kekinian untuk membangkitkan rasa cinta kepada tanah air Indonesia.

“Saya minta Gerakan Pramuka agar adaptif dan terus melakukan pembaruan dalam pembinaan para pramuka. Optimalkan cara-cara kekinian yang efektif untuk membangkitkan rasa cinta Tanah Air dan bangga menjadi insan Indonesia,” kata Ma’ruf Amin.

Dikatakan Ma’ruf Amin, usia Gerakan Pramuka yang kini menginjak 62 tahun memang telah menandakan kematangan gerakan ini. Namun, di sisi lain jiwa muda yang responsif pada arus dan dinamika zaman, tentu harus tetap terjaga. Untuk itu, generasi pramuka harus berani melakukan perubahan dan gebrakan.

BACA JUGA :
Rapat Kerja Kwarcab Pramuka Balangan Bahas Persiapan Jambore Juli Mendatang

“Pramuka mesti mengisi ruang-ruang pembangunan dengan berbagai terobosan. Terus asah dan kembangkan kapasitas diri sebagai bekal membawa Indonesia menuju kemajuan. Walau begitu, saya tetap optimis bahwa Gerakan Pramuka mampu melahirkan calon-calon penerus bangsa yang cerdas, bertakwa, berakhlak mulia, dan berkarakter kebangsaan,” ujar Ma’ruf Amin.

Ketua Majelis Pembimbing Daerah Gerakan Pramuka Kalsel, H Sahbirin Noor
mengucapkan terimakasihnya kepada Wakil Presiden dan Kwartir Nasional yang telah memberikan penghargaan lencana melati kepada dirinya dan Ketua Kwartir Daerah Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah.

“Saya rasa ini merupakan kado bagi rakyat Kalsel yang akan merayakan Hari Jadi (Harjad) Ke-73 Provinsi Kalsel,” ucap Paman Birin.

Melalui penghargaan ini kedepannya, harap Paman Birin, dapat semakin memotivasi dan memberi semangat untuk terus mengembangkan dan memajukan pramuka sebagai bekal dalam membawa Indonesia menuju berkemajuan yang setara dengan negara lainnya di dunia ini.(pr/klik)

Berita Terbaru