Sosialisasi Pendampingan RT Mandiri, Wali Kota: Jangan Sampai Berjalan Sendiri

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, BANJARBARU – Ratusan kelompok Masyarakat (Pokmas) penerima bantuan program RT Mandiri mengikuti sosialisasi bertajuk ‘Pendampingan Mendukung Kegiatan RT Mandiri 2023’, Senin (11/9/2023) di Aula Gawi Sabarataan, Balaikota Banjarbaru. Dilaksanakan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3), sosialisasi dihadiri Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin.

Wali Kota Aditya saat menyampaikan sambutannya mengatakan, tujuan progaram RT Mandiri agar masyarakat bersama pengurus RT mampu berdiri sendiri, membiayai berbagai kegiatannya sendiri. Bain di bidang sosial, kebudayaan, dan ekonomi.

Karena itu, lanjutnya, diperlukan pemetaan potensi yang ada di tingkat RT “Jangan sampai sumber daya yang ada di lingkungan RT itu tidak digunakan dengan sebaik-baiknya malah sumber daya yang lain diharapkan,” ujarnya.

Termasuk hal terpenting juga, kata Aditya, adalah pendampingan, “Jangan sampai program RT Mandiri bergulir secara mandiri, tidak ada pendampingan, sehinggaa ujung-ujungnya program itu gagal “ imbuhnya.

Dipaparkn dia, hingga saat ini telah ada 120 RT Mandiri. Dan di akhir tahun nanti akam dilakukan evaluasi. Jika memang ada yang tak berjalan, akan dicari penyebabnya untuk diperbaiki bersama.

Kepala DKP3 Kota Banjarbaru, Abu Yazid Bustami mengatakan, dari 120 RT Mandiri, 40 di antaranya bergerak di bidang pertanian, perikanan, dan peternakan

Menurutnya, hingga saat ini banyak RT Mandiri berhasil. Di antaranya budidaya ikan dan peternakan. “Sosialisasi pendampingan mendukung kegiatan RT Mandiri ini juga sekaligus mendukung program Kepala Daerah yakni Urban Farming,” ujarnya. (to/klik)

BACA JUGA :
Zakat dari JNE, Wali Kota: Akan Diserahkan untuk Yatim Piatu di Banjarbaru

Berita Terbaru

Scroll to Top