BPBD Balangan Gelar Latihan Bersama Anggota TRC dan Damkar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Latihan bersama anggota TRC dan damkar dilaksanakan BPBD Kabupaten Balangan

klikkalimantan.com, PARINGIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan, melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Balangan menggelar Latihan bersama TRC BPBD dan Regu Damkar se-Kabupaten Balangan, 4 – 5 Desember 2023 di Lapangan Tugu Maritam.

Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD, H Rahmi di hari pertama Latihan bersama, senin (4/12/2023) mengatakan, Latihan bersama dilakukan sebagai berupaya meningkatkan kapasitas dan kemampuan parra anggota TRC dan Damkar.

Menurutnya, saat ini sedang di peralihan musim dari musim panas ke musim hujan, namun pelatihan damkar ini penting untuk dilaksanakan. “Karena musibah kebakaran ini terjadi tidak mengenal waktu dan musim, di Balangan sendiri ada kebakaran yang terjadi pada saat hujan, untuk itulah lanjutnya, latihan ini sangat penting dilaksanakan,” ujarnya.

Lebih lanjut menurutnya, latihan ini akan diberikan oleh para tim instruktur dari Dinas Satpol PP dan Damkar Provinsi Kalimantan Selatan, yang mana mereka sudah ahli dalam bidangnya.

Ia menegaskan kepada para peserta agar aktif dan konsisten menyimak penyampaian materi baik secara teori maupun praktik, karena sekilas memang dirasa mudah, namun saat dipraktikkan sangat sulit, contohnya cara menggulung selang.

Mengingat tugas sebagai damkar adalah sangat berat, karena harus memiliki jiwa kerelawanan yang tinggi dalam membantu masyarakat yang terkena musibah, adanya latihan ini maka akan meningkatkan keprofesionalan dalam memberikan bantuan kepada masyarakat jika terjadi musibah.

“Ini juga merupakan upaya meningkatkan sumber daya manusia dalam hal pembinaan BPK dan Damkar di Kabupaten Balangan, yang mana sejalan dengan visi-misi Bupati Balangan H Abdul Hadi,” kata H Rahmi. (to/klik)

BACA JUGA :
UMKM Expo Balangan, Bupati: Banyak Produk UMKM Berkualitas Baik

Berita Terbaru

Scroll to Top