Puskesmas Sungai Tabuk 1 Dilakukan PHO, Pembangunan Rumdin Masih Berproses

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banjar pastikan pembangunan dua Unit Pelaksanaan Teknis (UPT), yakni relokasi UPT Puskesmas Sungai Tabuk 1, Kecamatan Sungai Tabuk dan rehabilitasi UPT Puskesmas Beruntung Baru yang menggelontorkan anggaran miliaran rupiah rampung sesuai target.

“Har ini, kami bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Banjar sudah melakukan peninjauan langsung ke lokasi, dan dilakukan Provisional Hand Over (PHO) UPT Puskesmas Sungai Tabuk 1 di Desa Gudang Tengah. Artinya progres sudah 90 persen lebih, tinggal melakukan finishing dan pembersihan sisa material,” ujar Noripansyah selaku Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Kesehatan (SDK) Dinkes Kabupaten Banjar pada, Selasa (18/12/2023).

Sedangkan untuk progres pembangunan dua unit Rumah dinas (rumdin) di samping bangunan Puskesmas Sungai Tabuk 1, lanjut Ipan. Untuk penyelesaiannya masih dikonsultasikan.

“Di RAB (rencana anggaran biaya) atau perencanaan awal akan dibangun empat unit rumah dinas. Tapi diperencanaan ternyata hanya menganggarkan dua unit rumah dinas, sehingga pembangunan hanya difokuskan untuk dua unit saja. Hal ini yang masih kita konsultasikan, kita inginnya ada empat rumah dinas,” katanya.

Ipan juga memastikan bahwa pembangunan dua unit Rumdin yang dikerjakan CV Sukmaha Borneo Mandiri dengan nilai kontrak Rp751 Juta dari pagu anggaran sebesar Rp1 Miliar juga dapat dirampungkan sesuai target.

“Target penyelesaian rumah dinas di 28 Desember 2023 mendatang. Karena sisa waktu masih ada 10 hari, kita optimis dapat diselesaikan sesuai target,” tutur Ipan tanpa menyebutkan persentase progres pembangunan Rumdis saat ini.

Kendati demikian, Ipan tetap mengakui pembangunan Puskesmas Sungai Tabuk 1 yang dikerjakan sejak 11 Juli 2023 lalu sesuai Surat Perintah Mulai Kerja (SPMK) dengan nilai kontrak Rp9.557.784.789,78 sempat terjadi perlambatan.

BACA JUGA :
Dinkes Optimis Pembangunan Puskesmas Sungai Tabuk 1 dan Rumah Dinas Selesai Sesuai Target

“Sebab kita melakukan sondir ulang untuk memastikan make sure, dan membuat justifikasi seperti mengganti bata merah menjadi bata ringan hebel. Tapi untuk rumah dinas tetap menggunakan bata merah atau tetap mengakomodir pengusaha lokal. Karena kesalahan diperencanaan, makanya PPK sebelumnya diganti,”tuturnya.

Tak hanya itu, Ipan juga optimis, terkait proyek rehabilitasi UPT Puskesmas Beruntung Baru yang dikerjakan Cv. Riniolla sejak 11 Juli 2023 lalu sesuai SPMK dengan nilai Rp5.826.652.919,00 dari pagu anggaran Rp6.000.000.000,00 rampung sesuai target.(zai/klik)

Berita Terbaru

Scroll to Top