Bupati dan Wakil Bupati Banjar Ikuti Haul ke-68 KH Muhammad Kasyful Anwar

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengikuti peringatan Haul ke-86 KH Muhammad Kasyful Anwar, Jumat (26/4/2024) malam di Desa Kampung Melayu Ilir, Martapura Timur. Hadir pula Wakil Bupati, Habib Idrus Al Habsyi. Haul diikuti ribuan jemaah.

Rangkaian peringatan haul ulama peletak dasar sistem formal Pondok Pesantren Darussalam Martapura ini dimulais etelah shalat isya. Diawali pembacaan surat Yasin, kegiatan dilanjutkan dengan melantunkan syair Yaa Syaikhona Ya Samman.

Seperti diketahui, dikutip dari kitab Nurul Abshar karangan Tuan Guru Munawwar Al Gazali pimpinan Majelis Taklim Raudhotul Anwar Kampung Melayu, Datuk Kasyful Anwar lahir di Desa Kampung Melayu Martapura, 4 Rajab 1304 / 29 Maret 1887.

Pada usia 9 tahun beliau dibawa oleh kedua orang tuanya untuk menunaikan ibadah haji sekaligus memperdalam ilmu agama kepada tokoh ulama di Makkah, diantaranya Sayid Ahmad bin Sayid Abu Bakkar Syatta, Habib Ahmad bin Hasan Al Attas, Syekh Umar Hamdan dan Syekh Muhammad Ali bin Husein Al Maliki yang kesemuanya membuat beliau mendapat keberkahan dan menjadi alim lagi makrifat akan mengenal Allah SWT.

Sepulangnya menimba ilmu di Makkah, beliau menjadi pengajar dan pimpinan periode ketiga Ponpes Darussalam Martapura (1922-1940). Cara pengajian di ponpes yang sebelumnya halaqah diubah beliau menjadi model pengajaran klasikal dan berjenjang.

Dengan adanya pembaharuan sistem yang dilakukan oleh beliau di Ponpes Darussalam membuat banyak santri berdatangan dari berbagai daerah. Dalam beberapa tahun saja banyak alumninya telah tersebar ke berbagai pelosok Kalimantan dan mendapat kepercayaan dari masyarakat untuk membuka pengajian, majelis taklim dan mendirikan pondok pesantren. (to/klik)

Exit mobile version