Maksimalkan Pemuktahiran Data Pemilih, KPU Banjar Laksanakan Bimtek

Facebook
Twitter
WhatsApp
Telegram
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemuktahiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) pada Rabu (12/6/2024).

klikkalimantan.com, MARTAPURA – Sukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banjar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemuktahiran Data Pemilih dan Penggunaan Aplikasi Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) pada Rabu (12/6/2024).

Bertempat di salah satu hotel di Kecamatan Gambut, kegiatan Bimtek Sidalih sekaligus Bimtek Pencocokan dan Penelitian (Coklit) berbasis digital, yakni e-Coklit untuk Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), serta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati tersebut dihadiri Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Banjar.

Usai memberikan Bimtek kepada PPK, Divisi Data dan Informasi KPU Kabupaten Banjar, Muhammad Ridha, mengatakan, kegiatan tersebut untuk memaksimalkan pemuktahiran data melalui Sidalih dan e-Coklit.

“Agenda hari ini memang sudah jauh hari kita siapkan. Terlebih kemarin kami sudah menggelar kegiatan Bimtek di tingkat KPU RI,” ujarnya.

Sebagai tindaklanjutnya, papar Ridha, maka dilaksanakan kegiatan Bimtek di tingkat kabupaten dengan menghadirkan 40 orang peserta perwakilan dari PPK se-Kabupaten Banjar.

“Dalam kegiatan ini kita mengundang Ketua dan Ketua Divisi Data dan Informasi PPK se-Kabupaten Banjar, dan setiap kecamatan dihadiri dua orang perwakilan dari PPK. Pada kegiatan ini kita lebih menekankan kepada mereka untuk mempersiapkan kegiatan pemuktahiran data pemilih,” katanya.

Ridha menjelaskan, pembentukan data ke Sidalih dan e-Coklit akan dilakukan Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang mulai dilaksanakan pada 24 Juni hingga 25 Juli 2024 mendatang.

“Proses pemuktahiran data hanya dilakukan selama satu bulan. Setelah kegiatan Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari ini selesai, kita langsung meminta kawan-kawan PPK agar segera menyampaikan ke wilayah kerjanya masing-masing, yakni ke Panitia Pemungutan Suara (PPS),” tutupnya.(zai/klik)

BACA JUGA :
Memancing Harapan

Berita Terbaru

Scroll to Top